BCA Gelar Operasi Katarak Gratis di Waingapu

  • Bagikan
IST. OPERASI.Tim Dokter Sedang Melakukan Penindakan – Tim dokter dari PERDAMI dan RSUD Umbu Rara Meha sedang mengoperasi pasien katarak. Bakti sosial operasi katarak di Waingapu, NTT, yang digelar 30 November dan 1 Desember 2023 ini menargetkan 125 pasien penerima manfaat.

Bantu 125 Pasien Kembali Melihat Cahaya

WAINGAPU, TIMEX.FAJAR.CO.ID- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus berkomitmen dalam membantu masyarakat Indonesia melalui program Bakti Sosial Operasi Katarak. Kali ini, BCA bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK PERDAMI) untuk menyelenggarakan operasi katarak gratis di RSUD Umbu Rara Meha, Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Dalam upaya melibatkan komunitas dan mengurangi angka kebutaan akibat katarak, program ini diimplementasikan di Waingapu yang mayoritas penduduknya dikenal dengan keahlian menenun kain tenun Sumba, berprofesi sebagai petani dan nelayan.

Seremoni pembukaan program operasi katarak gratis dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Direktur RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, dr. Rudi H. Damanik, Sp.Rad., dan Kepala BCA KCU Kupang, Farida Hotma Riana Siregar.

BCA, melalui program CSR Bakti BCA Kesehatan, mengimplementasikan operasi katarak selama dua hari pada 30 November hingga 1 Desember 2023. Lebih dari 125 pasien di Waingapu yang memenuhi kriteria medis mendapatkan perawatan dari tim dokter spesialis mata PERDAMI dan RSUD Umbu Rara Meha.

Kepala BCA KCU Kupang, Farida Hotma Riana Siregar melalui rilis yang diterima, Senin(4/12), menyampaikan kebanggaannya dalam memperluas program Bakti Sosial Operasi Katarak di Waingapu.

"Program ini diharapkan dapat memberikan sinar harapan dan meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat Waingapu yang membutuhkannya," ungkapnya.

BCA telah secara konsisten menyelenggarakan kegiatan operasi katarak sejak 2001, mensponsori ratusan operasi setiap tahunnya. Pada 2022, BCA berhasil mensponsori 803 operasi katarak dan memberikan layanan medis kepada lebih dari 15 ribu pasien melalui klinik binaannya.

Melalui kolaborasi dengan PERDAMI, BCA berkomitmen untuk terus memperluas program Bakti Sosial Operasi Katarak ke seluruh penjuru Tanah Air.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, menyatakan harapannya bahwa program ini tidak hanya tentang kesehatan mata, tetapi juga tentang produktivitas dan kualitas hidup.

Selain memberikan operasi katarak, BCA aktif memberikan dukungan dengan menyediakan bantuan alat-alat operasi katarak untuk mendukung SPBK PERDAMI dan kantor cabangnya. Bersama-sama, mereka berharap dapat terus menekan angka penderita katarak di Indonesia.

Perwakilan Ketua Umum PERDAMI wilayah Bali, dr. Cokorda Istri Dewiyani Pemayun, mengapresiasi upaya BCA dalam memperluas program bakti sosial operasi katarak ke berbagai daerah di Indonesia. Dia menegaskan bahwa kerjasama ini berkontribusi signifikan dalam mengurangi jumlah penderita katarak di Indonesia, dan berharap kerjasama ini semakin kuat untuk mencapai tujuan bersama. (Kr13/thi)

  • Bagikan