Pesta Kembang Api Semarakan Pergantian Tahun

  • Bagikan
ALEX SEKO/TIMEX ACARA TUTUP TAHUN. Pesta kembang api di pantai Kota Raja Ende pada malam tutup tahun, Minggu (31/12).

ENDE, TIMEX .FAJAR.CO.ID- Pemerintah Kabupaten Ende menggelar acara pergantian tahun bersama warga bertempat di pantai Kota Raja  Kecamatan Ende Utara, Minggu (31/12).

Kegiatan yang dimulai pukul 22.00 itu, bertempat di pantai Kota Raja, diisi dengan berbagai acara yang puncaknya adalah pesta kembang api.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Ende, Djafar Achmad, Dandim 1602/Ende, Letkol Kav I Nengah Pendi Ristanto, Kapolres Ende, AKBP I Gede Ngurah Joni M, Kepala Kejaksaan Negeri Ende yang diwakili oleh Kasi Pidana Khusus, Fahmi dan Ketua Pengadilan Negeri Ende, Anak Gung Ngurah Budhi Dharmawan.

Turut hadir, Danki Sub Den III Den B Pelopor Ende, AKP Mikel Seu, Sekretaris Daerah Kabupaten Ende, Agustinus G Nagsu, para asisten, para pimpinan OPD, pimpinan BUMN/BUMD, para camat dan lurah se-Kota Ende, serta masyarakat Kota Ende.

Bupati Ende, Djafar Achmad dalam sambutannya menyampaikan bahwa momen kebersamaan tersebut merupakan momen untuk merefleksikan peristiwa di tahun 2023.

Memasuki tahun 2024 yang merupakan tahun politik, dirinya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjaga suasana kamtibmas agar tidak terjadi  konflik ditengah masyarakat.

"Kebersamaan ini merupakan momen yang tepat bagi kita untuk menyampaikan ucapan syukur dan merefleksi semua peristiwa yang kita alami di tahun 2023. Memasuki tahun politik di tahun 2024, saya tegaskan kepada seluruh komponen masyarakat untuk menjaga situasi wilayah kita agar tetap kondusif," jelasnya.

Dia meminta agar masyarakat membangun kehidupan politik dengan elegan dan bermartabat. Jangan membuat gerakan-gerakan yang dapat menimbulkan konflik.

"Mari kita tetap jaga persatuan dan kesatuan. Kita berbeda bukan untuk saling menjatuhkan, tetapi untuk sama-sama membangun Indonesia khususnya Kabupaten Ende menuju sebuah perubahan," kata dia.

Dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada  masyarakat yang dengan caranya telah berpartisipasi membangun Kabupaten Ende.

"Saya bersama wakil bupati menyampaikan terima kasih kepada semua komponen masyarakat yang telah mendukung kami dalam menyelesaikan periode kepemimpinan hingga tahun 2024. Kami tidak bisa bekerja sendiri, mari kita bangun bersama wilayah ini, kita kerja bersama dan lanjutkan serta selesaikan program/kegiatan sesuai RPJMD 2019-2024," jelasnya.

Dia juga berharap agar masyarakat terus membangun sikap toleransi  karena merupakan kekuatan besar dalam membangun Kabupaten Ende tercinta.

"Sikap toleransi menjadi kekuatan kita, hendaknya terus kita pertahankan, karena akan menjadi kekuatan besar bagi kita dalam membangun wilayah di tengah keberagaman yang ada," kata dia.

Didalam momen pergantian tahun, secara khusus ia menyampaikan terima kasih kepada pihak keamanan yang melakukan pengamanan di malam akhir tahun.

"Bersama wakil bupati saya menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan  setinggi-tingginya kepada Kapolres Ende bersama jajarannya, Dandim 1602/Ende bersama jajarannya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja bersama jajaranya, Dinas Perhubungan, para camat, lurah, kepala desa, tokoh agama, organisasi pemuda dan semua pihak yang terlibat aktif dalam pengamanan malam pergantian tahun ini. Kiranya kerja-kerja mulia saudara-saudari semua dirahmati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Djafar.

Terkait dengan kegembiraan  melepas tahun 2023 dan menyambut tahun 2024, dirinya berpesan kepada sesama saudara, khususnya anak-anak, generasi muda yang akan melakukan pawai kendaraan roda dua maupun roda empat agar tetap menjaga situasi yang aman dengan tetap mematuhi aturan lalu lintas.

"Juga bagi masyarakat yang melaksanakan pesta pergantian tahun di tempat masing-masing, saya mengimbau untuk tetap menjaga situasi yang aman. Biarlah kita melepas tahun 2023 dan menyambut tahun 2024 dengan penuh sukacita dalam suasana persaudaraan," kata dia.

Pergantian tahun 2023 ke tahun 2024 ditandai dengan pesta kembang api pada pukul 00.00.

Sebelumnya di beberapa gereja baik Katolik maupun Protestan mengakhiri tahun 2023 dengan melakukan ibadah syukur di gereja masing-masing. Sementara itu, giat patroli pihak keamanan dimulai dengan show force mengelilingi Kota Ende.

Memasuki pergantian tahun, patroli terus dilakukan mengawal warga  yang melakukan konvoi sepanjang jalan. (kr4/ays)

  • Bagikan