ASN Pemkot Diminta Jaga Netralitas

  • Bagikan
PROKOMPIM FOR TIMEX ARAHAN. Pj Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay menyampaikan arahan pada apel pagi awal tahun 2024 bersama para ASN dan PTT lingkup Kota Kupang, Rabu (3/1).

Pj Wali Kota Kupang Pimpin Apel Awal Tahun 2024

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay memimpin upacara apel awal tahun 2024. Apel awal tahun 2024 ini dihadiri semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang.

Apel ini dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Wali Kota Kupang, Rabu (3/1). Pada apel kekuatan tersebut, Pj Sekda Kota Kupang, Abraham D. Manafe juga hadir bersama para Staf Ahli Wali Kota, Asisten Setda, pimpinan perangkat daerah, direktur perusahaan daerah, camat, lurah serta seluruh ASN dan PTT se-Kota Kupang.

Dalam arahannya, Pj Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay menyampaikan beberapa poin penting. Dirinya juga tidak lupa menyampaikan ucapan selamat merayakan Natal kepada seluruh ASN dan PTT di Kota Kupang yang beragama Kristiani. Atas nama pribadi, keluarga dan jajaran pimpinan, Pj Wali Kota Kupang menyampaikan ucapatan selamat Natal dan Tahun Baru.

"Selamat Natal dan Tahun Baru. Semoga kedamaian dari perayaan ini membawa kesegaran baru dalam hidup. Semangat religius yang terpancar diharapkan menjadi pendorong untuk mengatasi setiap tantangan yang mungkin muncul di masa depan," ungkap Fahrensy.

Sebagai pejabat pembina kepegawaian (PPK), dirinya menekankan kepada seluruh pegawai di lingkup Pemkot Kupang untuk menjaga disiplin, baik dalam kehadiran di kantor maupun dalam pelaksanaan tugasnya. Hal ini diharapkan dapat mendukung kelancaran penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik di awal tahun ini.

Pegawai, baik itu ASN maupun PTT, akan senantiasa diawasi dan dicatat kehadirannya. Langkah tersebut dilakukan sebagai bagian dari evaluasi kinerja. Tindakan sesuai aturan akan diambil terhadap pegawai yang tidak menunjukkan disiplin.

Pj Wali Kota Kupang juga menegaskan kepada semua pimpinan perangkat daerah untuk memprioritaskan program dan kegiatan di tahun 2024 ini sambil melakukan perbaikan pada capaian program, kegiatan dan penyerapan anggaran tahun 2023 yang lalu.

Pimpinan perangkat daerah diminta untuk segera berkoordinasi dengan bagian pengadaan barang dan jasa. Semua proses lelang harus dimulai pada bulan Januari. Mengingat, pelaksanaan Pilpres, Pemilu Legislatif, dan Pemilukada akan segera menyibukkan dalam waktu dekat.

”Terkait pelaksanaan Pilpres, Pemilu Legislatif dan Pemilukada, sekali lagi saya tegaskan kepada seluruh pegawai lingkup Pemerintah Kota Kupang untuk senantiasa menjaga netralitas, serta tidak melibatkan diri dalam politik praktis untuk memenangkan pihak tertentu. Sanksi yang diberikan tidak main-main dan saya pastikan kami akan menindak secara serius jika ditemukan adanya pelanggaran soal netralitas ASN," ujar Fahrensy.

"Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk sukseskan Pemilu dengan menciptakan suasana yang harmonis dalam kehidupan bermasyarakat, tidak melakukan praktik politik identitas, menyebarkan berita hoax, fitnah, kampanye hitam yang hanya menimbulkan kebencian dan permusuhan sesama keluarga atau antar warga masyarakat,” tegasnya.

Pegawai lingkup Pemerintah Kota Kupang patut mendapat apresiasi atas semangat kerja dan dedikasi tinggi mereka. Capaian luar biasa tahun lalu, terutama dalam pengendalian inflasi dan penanganan stunting, memerlukan peningkatan berkelanjutan untuk mewujudkan prestasi yang lebih gemilang.

Menyambut tahun baru, semangat untuk memajukan Kota Kupang terus berkobar. Langkah-langkah strategis dipersiapkan guna menghadapi tantangan seperti El Nino atau musim panas yang berkepanjangan, serta lonjakan harga kebutuhan pokok akibat krisis global yang masih melanda.

Mengakhiri sambutannya, Pj Wali Kota Kupang memberikan apresiasi atas kestabilan harga harga bahan pokok di pasar selama perayaan Natal dan Tahun Baru ini. Berkat koordinasi dan kerjasama yang solid, stok dan distribusi kebutuhan pokok dapat diatur dengan baik.

Perayaan Natal dan Tahun Baru di Kota Kupang telah berlangsung dengan aman dan kondusif. Namun, terkait kebersihan kota, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang diminta untuk memprioritaskan penanganan sampah pasca perayaan Natal dan Tahun Baru serta agar pelaksanaan kerja bakti diagendakan setiap hari Jumat sebagai upaya mengurangi penumpukan sampah. (cr3/gat)

  • Bagikan