Pengelolaan Logistik Pemilu Terus Berlangsung

  • Bagikan
Thomas Dohu

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Hingga 13 Januari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur saat ini sedang mengelola logistik Pemilu tahun 2024. Untuk lima jenis surat suara pemilu, yakni Pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kab/Kota dan DPD.

Kebutuhan untuk masing-masing jenis surat suara adalah sebanyak 4.096.030. Untuk hasil sortir dan lipat surat suara tersebut hampir selesai. Dimana, hasil sortir surat suara pilpres telah dilaksanakan sebanyak 4.082.187 dan surat dalam kondisi rusak sebanyak 4.019.

Surat suara DPR RI telah disortir 4.078.727 dan yang rusak ada 14.666. Selanjutnya, surat DPD telah disortir 4.091.771 dan rusak sebanyak 745.

Sedangkan, surat suara DPRD Provinsi telah disortir 4.075.409 dan rusak 6.288. Surat suara DPRD Kab/Kota telah disortir sebanyak 4.059.569 dan rusak 31.254.

Ketua KPU Provinsi NTT, Thomas Dohu mengatakan, pengadaan logistik tahap II Pemilu tahun 2024 terbagi atas tiga kewenangan pengadaan yaitu, Pengadaan Logistik oleh KPU RI yaitu surat suara pilpres, surat suara Pemilu anggota DPR RI dan alat bantu tunanetra pilpres.

"Adapun progres pengadaan dan penerimaan dengan rincian surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden telah diterima oleh 22 KPU Kab/Kota," tuturnya.

Untuk surat suara DPR RI pun juga telah diterima oleh 22 KPU Kab/Kota. Sementara untuk alat bantu tunanetra pilpres telah diproduksi dan sedang dalam pengiriman ke KPU Kab/Kota.

Sementara, pengadaan logistik Pemilu tahun 2024 tahap II yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi NTT berupa logistik surat suara Pemilu anggota DPD, surat suara Pemilu anggota DPRD Provinsi, Surat suara Pemilu anggota DPRD Kab/Kota, Sampul kertas kubus, Sampul kertas biasa, Formulir plano, Formulir A4 dan alat bantu tunanetra Pemilu anggota DPD.

"Adapun progres pengadaan dan penerimaan dengan rincian surat suara Pemilu anggota DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota sudah diterima 22 KPU Kab/Kota," sebutnya.

Sementara itu, sampul kertas kubus dan sampul kertas biasa telah diproduksi dan sedang dalam pengiriman ke KPU Kab/Kota.

Formulir plano telah diterima 16 KPU Kabupaten. Formulir A4 sudah diterima 21 KPU. Lanjut Thomas, alat bantu tunanetra Pemilu anggota DPD sudah diterima 17 KPU.

"Pengadaan logistik Pemilu tahun 2024 tahap II yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten/Kota yaitu formulir plano Pemilu DPRD Kabupaten/Kota, formulir A4 Pemilu DPRD Kabupaten/Kota, daftar pasangan calon dan daftar calon tetap," lanjutnya.

Adapun progres pengadaan dan penerimaan dengan rincian Formulir A4 Pemilu DPRD Kabupaten/Kota telah diterima 21 KPU.

"Formulir plano Pemilu DPRD telah diproduksi dan sedang dalam pengiriman ke KPU Kab/Kota," katanya.

Untuk daftar pasangan calon dan daftar calon tetap telah diterima oleh 20 KPU Kab/Kota.
"Pengelolaan logistik Pemilu tahun 2024 selanjutnya adalah pengajuan kekurangan 5 jenis surat suara melalui aplikasi SILOG, Perakitan kotak suara yang saat ini sedang dilakukan oleh KPU Kabupaten/kota dan setting, packing dan checking berdasarkan jenis dan jumlah yang dibutuhkan masing-masing TPS," ungkap Thomas.

Selanjutnya, distribusi kotak suara ke 16.746 TPS se-NTT yang direncanakan akan mulai H-9 sampai dengan H-2, yaitu tanggal 12 Februari 2024. (cr1/rum)

  • Bagikan