Bantu PMI dengan Gelar Donor Darah

  • Bagikan
IST DONOR DARAH. Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone mendonorkan darahnya di Lobi Kanwil Kemenkumham NTT, Selasa (23/1)

KUPANG,TIMEX.FAJAR.CO.ID- Stok darah di sejumlah Rumah Sakit di Kota Kupang sangat diperhatikan. Namun, stok kantong darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) NTT kadang berkurang dan bahkan kosong.

Karena itu, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) NTT ikut membantu PMI untuk mememuhi kebutuhan darah dengan menggelar donor darah. Bakti sosial berupa donor darah ini digelar di Lobi Kanwil Kemenkumham NTT bekerjasama dengan PMI NTT, Selasa (23/1).

"Ini sebagai bagian dari kepedulian kami terhadap sesama karena setetes darah kita sangat berarti bagi orang lain yang membutuhkan darah," kata Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone.

Dikatakan, donor darah yang digelar ini juga merupakan rangkaian dari Hari Bhakti Imigrasi ke-74 tahun 2024. Dari kegiatan donor darah tersebut, berhasil terkumpul sebanyak 84 kantong darah.

Rinciannya, golongan darah A sebanyak 11 kantong, golongan darah B 24 kantong, golongan darah AB 6 kantong dan golongan darah O paling banyak yaitu 43 kantong.

"Donor darah ini diikuti pegawai Kanwil Kemenkumham NTT serta UPT Keimigrasian dan Pemasyarakatan se-Kota Kupang. Selain itu, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dan Deteni," ungkap Marciana.

Kanwil Kemenkumham NTT mendapatkan penghargaan dari Ketua PMI NTT atas kerja sama yang baik ini pada tahun 2022.
Marciana mengaku bahwa setiap tahun, minimal dua kali pihaknya melakukan kegiatan donor darah.

Sementara Kepala Rupbasan Kelas I Kupang, Sahid Andriyanto Arief, juga berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut.

"Kami ada empat orang petugas Rupbasan Kupang dan dua orang PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) yang ikut donor darah ini," kata Andri sapaan akrabnya.

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Kupang, Dewi Andriani juga menjelaskan, semoga donor darah kali ini dapat memberikan manfaat dari setiap tetes darah yang didonorkan kepada mereka yang membutuhkan.

"Semoga ini menjadi ladang amal sekaligus dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya tentang pentingnya berbagi dan peduli terhadap sesama," pungkasnya. (r1/gat)

  • Bagikan