Christofel Liyanto Bagi Kiat Sukses bagi Mahasiswa UMK Kupang

  • Bagikan
Komisaris Utama BPR Chista Jaya Christofel Liyanto ketika tampil dalam seminar wirausaha di Universitas Muhammadiyah Kupang, Kamis 25 Januari 2024.

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Komisaris Utama Bank Christa Jaya Kupang Christofel Liyanto hadir dalam Seminar Kewirausahaan dengan tema "Situasi Ekonomi Nasional dan Potensi Pengembangan Wirausaha di Indonesia" yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) Kamis (25/1). Selain Christofel Liyanto, tampil juga Jack Laloin, Kabid Infokom BPD HIPMI NTT dan Dr. Syarifuddin, MM, Dekan Fakultas Ekonomi UMK. Tampil sebagai Keynote speaker Rektor UMK Prof. Dr. Zainur Wula S. Pd, M. Si.

Di hadapan sekitar 500 mahasiswa UMK, Chris Liyanto yang juga Calon Anggota DPR RI Dapil NTT 2 dari Partai Gerindra ini mengungkapkan, di usia 20 sampai 30 tahun seperti usia para mahasiswa yang hadir, merupakan usia yang sangat menentukan pilihan hidup apakah menjadi orang sukses atau menjadi apa ke depannya.
"Anda putuskan apa yang ada di dalam pikiran Anda. Itulah yang nantinya akan menjadi kenyataan dalam menghadapi hidup ke depannya," ucap Chris.
Sebagai pengusaha yang berangkat dari nol sejak masih mudah, dia menyampaikan bahwa kunci utama dirinya sukses seperti sekarang adalah kerja keras dan disiplin dalam hal waktu
"Kunci kesuksesan, baik Anda nanti harus terpaksa menjadi PNS atau Anda ingin menjadi pengusaha, kuncinya adalah kerja keras dan disiplin. Kalau Anda mulai dari sekarang mulai disiplin dengan waktu yakin saja Anda pasti sukses ke depan. Tuhan telah memberikan kita semua waktu yang sama tergantung bagaimana Anda mau mempergunakan waktunya untuk apa," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Chris juga membagi pengalamannya ketika masih kuliah di Jawa tentang bagaimana ia membagi waktu antara kuliah sambil bekerja kecil-kecilan guna menghasilkan uang untuk kuliah.
"Saya harus bekerja dulu baru kuliah," ungkapnya. Bahkan saya bisa mengorbankan waktu kuliah untuk bekerja guna menghasilkan uang. Saya bisa bekerja 10 sampai 12 jam sehari," tambahnya.
Selanjutnya kata, sebagai mahasiswa juga harus bisa berintrospeksi sendiri berapa jam kita menggunakan waktu untuk bekerja.
Sambil memberikan materi kewirausahaan, Chris Liyanto juga membagikan Vidio awal kesuksesannya ketika mulai membangun usaha kecil-kecilan di Kupang hingga kini menjadi besar di Bank Christa Jaya. Chris mengaku sangat terinspirasi dengan Jack Ma, pendiri Alibaba dan menjadi orang terkaya di dunia. Kini, setelah usahanya besar dan berjalan baik, ia berkomitmen untuk maju sebagai Calon anggota DPR RI Dapil NTT 2 dari Partai Gerindra. Baginya, maju sebagai anggota DPR RI adalah bentuk pengabdiannya bagi masyarakat karena ia merasa tidak lagi mengejar hal-hal dunia.
Bagi Chris Liyanto lagi, kehidupannya dari awal hingga saat ini menjadi pengusaha sukses karena ia mengandalkan dua hal yakni jujur dan disiplin dalam mengelola hidup dan waktu.
"Jujur, Rajin dan pandai membagi waktu. Mulai hari ini harus evaluasi berapa jam Anda menggunakan waktu dengan baik," katanya.
Selain kejujuran dan disiplin, hal lain yang membuat dirinya sukses adalah harus ada motivasi dalam diri seseorang karena motivasi itulah yang membuat Anda sukses.
Pada bagian lainnya, Chris meminta para mahasiswa untuk menggeluti bisnis digital karena dewasa ini semuanya serba digital.(yl)

  • Bagikan