Kadin NTT Bawa Produk UMKM dan Lihat Pabrik di Cina

  • Bagikan
IST. FOTO BERSAMA. Ketua Umum Kadin NTT Bobby Lianto, dan jajarannya pose bersama ketika tiba di Shanghai, China, pada Senin (22/1). Ketua Kadin NTT ini bersama rombongan yaitu Komite Tetap Indonesia-Tiongkok, Kadin NTT, Adi Suhartono, Rudy Surjanto, Healthcare Profesional & Managing Director Blucross Medika International, (Pendiri National Hospital Surabaya).

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID-- Ketua Umum Kadin NTT Bobby Lianto, tiba di Shanghai, China, pada Senin (22/1). Ketua Kadin NTT ini bersama rombongan yaitu Komite Tetap Indonesia-Tiongkok, Kadin NTT, Adi Suhartono, Rudy Surjanto, Healthcare Profesional & Managing Director Blucross Medika International, (Pendiri National Hospital Surabaya).

Bobby Lianto bercerita, perjalanan menggunakan pesawat Garuda penerbangan dari Jakarta - Shanghai, begitu mendarat langsung menuju ke kota Suzhou, dimana kota Suzhou adalah lokasi pabrik alat-alat kesehatan yang memproduksi alat-alat berteknologi tinggi, salah satu nya bermerk Gugomed , bertemu langsung dengan para pemilik dan juga para investor.

Bobby Lianto dan tim berkesempatan untuk mengunjungi pabrik dan mendapat penjelasan langsung dari prinsipal pabrik tentang produk-produk yang dihasilkan dari brand tersebut.

"Seperti kita ketahui bahwa China pada masa ini mengalami satu kemajuan luar biasa, khususnya di bidang teknologi dan juga alat-alat yang dihasilkan saat ini cukup bersaing, dari sisi teknologi dan harga sangat murah," ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, Ketum Kadin NTT mempelajari beberapa produk yang rencananya akan dimasukkan, diimport, masuk ke Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, lanjut Bobby, sore harinya langsung kembali ke Shanghai dan melakukan pertemuan dengan beberapa investor China. Salah satunya adalah pemilik dari Shanying Internasional
Holdings Co, Ltd Paper, pabrik Kertas /Tisie ke 3 terbesar di China dan beliau menyatakan keinginannya untuk masuk berinvestasi di Indonesia.

Bobby Lianto pun menyempatkan untuk memperkenalkan provinsi Nusa Tenggara Timur dan semua potensi-potensi yang ada. Sehingga mengundang para investor tersebut untuk datang ke NTT dan berinvestasi di Indonesia.

Ketua Umum Kadin NTT ini hanya tiga hari di China dan rencananya akan melanjutkan perjalanan ke Kota Jiaxing untuk melihat salah satu Group Rumah sakit terbesar Shin-an International yang dimana mengadakan satu bentuk kerjasama untuk transfer teknologi.

Ke depannya, Bobby Lianto meminta ada kerjasama antar kota di Jiaxing atau kota-kota di China untuk dengan NTT. Dan juga di hari terakhir dijadwalkan akan bertemu dengan Konsulat Jendral Indonesia di Shanghai Berlianto Situngkir, beserta beberapa pengusaha-pengusaha investor yang ada di Shanghai.

Bobby Lianto juga menyampaikan bahwa kali ini beliau hanya berserta tim dalam kunjungan cepat. Namun dalam tahun ini, Kadin NTT akan meng-arrange satu trip tour ke China.

Dalam trip bisnis tersebut akan menyempatkan ke kota Guangzhou untuk melihat pameran produk dan juga membawa para pengusaha-pengusaha Kadin NTT dan ketua-ketua Kadin daerah untuk mengunjungi beberapa kota Shanghai, dan sekitarnya, serta melihat potensi-potensi kerja sama yang bisa dilakukan.

Bobby Lianto berharap dengan mengajak para pengusaha-pengusaha NTT ke China melihat langsung pameran akan membuat semakin terbuka pasar internasional dan juga bagi pengusaha dapat bekerjasama dengan pengusaha di China. (thi)

  • Bagikan