Dinas Damkarmat Optimis Musibah Kebakaran Menurun

  • Bagikan
BONEFASIUS BAHY/TIMEX ARMADA. Inilah armada Damkarmat yang terparkir di Kupang Fire Station yang siap melayani jika terjadi musibah kebakaran di wilayah Kota Kupang. Diabadikan Selasa (30/1)

Dukungan Sarana Prasarana Memadai

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Kupang akan melakukan pengadaan sarana dan prasarana pendukung. Hal ini dimaksud untuk menekan angka kasus kebakaran yang terjadi di wilayah Kota Kupang.

Pengadaan sarana dan prasarana pendukung yang akan dilakukan meliputi, alat pelindung diri (APD) serta satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dengan pagu anggaran mencapai Rp 2 miliar lebih.

Sesuai rencana, pengadaan sarana dan peasarana pendukung di tahun 2024 meliputi beberapa sarana oprasional serta mobil aramada baru guna membantu mengatasi bencana kebakaran di Kota Kupang.

Pernyataan tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Damkarmat Kota Kupang, Victor Ataupah selaku pelaksana tugas (Plt) Damkarmat Kota Kupang di sela kegiatanya, Rabu (31/1). Victor menjelaskan bahwa untuk APD tahun 2024, Dinas Damkarmat Kota Kupang melakukan pengadaan yang bertujuan demi maksimalkan operasi pemadaman dalam bencana kebakaran.

"Untuk klasifikasi APD baru ini yaitu 1 selang pemadam, Fire Jacket, Masker, Noser, tangga, pipa penyambung selang, sarung tangan, Helm pemadam. Semua item tersebut dibelajakan sesuai dengan jumalah armada dan jumalah petugas pemadam kebakaran di Dinas Damkarmat Kota Kupang," ungkpanya.

Dinas Damkarmat Kota Kupang juga menambah satu unitnarmada pemadam yaitu satu unit mobil Damkar. Tujuannya untuk membantu dalam mengatasi bencana kebakaran di Kota Kupang. Dari semua pengadaan ini, total angaran yang dikeluarkan baik untuk pengadaan APD dan mobil Damkar tersebut mencapai Rp 2.946.715.900.

"Dengan penambahan armada baru serta APD ini maka kami berharap agar kasus kebakaran di Kota Kupang dapat menurun, dan para petugas juga semakin giat dalam berkerja sehingga selalu siaga dalam semua situasi jika diperlukan," tandasnya. (cr5/gat)

  • Bagikan