Jokowi Dorong Pemilu Demokratis

  • Bagikan
MUCHLIS JR SETPRES KONGRES ANSOR. Presiden Joko Widodo saat menghadiri sekaligus membuka Kongres XVI Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Jumat (2/2).

Di Kongres GP Ansor

JAKARTA, TIMEX.FAJAR.CO.ID – Presiden Joko Widodo, Jumat (2/2) kemarin, menghadiri sekaligus membuka Kongres XVI Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Dalam sambutannya, Jokowi mendorong GP Ansor untuk mendukung pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yang demokratis.

’’Wajah NU ke depan akan diwarnai oleh kepemimpinan dan arah gerak GP Ansor hari ini. Orang muda hari ini adalah pemimpin atau penentu masa depan,’’ ucapnya.

Menurut dia, Indonesia akan menyelenggarakan agenda akbar nasional, yaitu pemilu 2024. Terkait hal tersebut, Presiden Jokowi mendorong semua pihak, termasuk GP Ansor untuk berkomitmen memastikan pemilu berlangsung secara demokratis.

Jokowi mengatakan, pemilu harus dipastikan berlangsung aman dan tertib serta transparan. Yang paling penting, pemilu harus menggembirakan, tidak meresahkan, tidak menakutkan dan tidak mengkhawatirkan.

Kepala negara juga menekankan bahwa persatuan dan keutuhan bangsa harus ditempatkan di atas segalanya. Menurut dia, GP Ansor harus menjadi garda terdepan untuk menjaga persaudaraan dan keutuhan Indonesia serta aktif mendinginkan suasana menjelang pemilu.

Jokowi mengatakan, jika tensi politik naik, harus aktif mendinginkan. ’’Untuk memberikan klarifikasi juga penting agar masyarakat tidak terseret pada berita-berita bohong, berita hoaks yang merugikan kita semuanya,’’ paparnya. (lum/c6/bay/jpg/ays)

  • Bagikan