Resmi Gabung Ferrari musim 2025

  • Bagikan
Lewsi hamilton

RUMOR itu akhirnya benar adanya. Pembalap tersukses dalam sejarah F1 dengan 103 kemenangan, 104 pole position, dan 7 gelar juara dunia, Lewis Hamilton, dipastikan hijrah ke Ferrari. Kepindahan itu bakal terealisasi pada musim 2025.

Hamilton adalah ikon utama Mercedes dalam 11 tahun terakhir. Atau sejak 2013 ketika datang dari McLaren. Hingga kini, dia sudah mempersembahkan enam gelar juara dunia untuk tim berjuluk Silver Arrows itu. Kini, dia memilih berburu tantangan baru dengan tim kuda jingkrak mulai 2025. Pembalap 39 tahun itu diikat kontrak dua tahun oleh Ferrari.

’’Aku merasa ini waktu yang tepat untuk mengambil langkah dan tantangan baru. Mercedes adalah bagian yang tak pernah lepas dari hidupku. Aku selalu merasa beruntung pernah menjadi bagian dari tim ini,’’ ucap juara dunia F1 tujuh kali itu, seperti dilansir Crash.

Hamilton tetap berkomitmen mempersembahkan penampilan terbaik di musim terakhirnya bersama Mercedes tahun ini. F1 musim 2024 dimulai dari GP Bahrain pada 2 Maret mendatang. ’’Aku ingin membuat tahun terakhirku dengan tim Silver Arrows menjadi tak terlupakan,’’ tambahnya.

Toto Wolff, team principal Mercedes, menghormati keputusan Hamilton. Dia menilai, cepat atau lambat perpisahan dengan Hamilton pasti akan datang untuk Mercedes. ’’Kerja sama kami sebagai tim dan pembalap akan tetap tercatat sebagai yang tersukses dalam sejarah olahraga ini. Itu membuat kami selalu bangga saat menatap ke belakang,’’ ucap Wolff.

Pengamat senior F1 dari BBC Andrew Benson menyebut langkah Ferrari menggaet Hamilton sebagai perjudian besar. Saat musim 2025 dimulai, Hamilton telah memasuki usia 40 tahun. Itu bukan usia yang muda lagi untuk tetap bisa bersaing dengan Max Verstappen dan Red Bull yang saat ini mendominasi F1.

’’Tidak ada yang tahu ini keputusan benar atau salah. Karena ini adalah sebuah perjudian. Salah satu penyebabnya karena Ferrari sudah tak pernah mengantarkan pembalap menjadi juara dunia sejak 2007,’’ ucap Benson.

Tahun depan, Hamilton dipastikan menjadi rekan setim Charles Leclerc. Kehadiran Hamilton sekaligus memastikan musim 2024 sebagai tahun terakhir Carlos Sainz Jr membela Ferrari. ’’Menyikapi berita ini, Aku akan segera mengumumkan masa depanku dalam waktu dekat,’’ ucap Sainz, dilansir Motorsport.

Mercedes kini disebut sudah berburu pembalap yang akan mengisi posisi Hamilton tahun depan. Sainz, Alex Albon, dan Lando Norris diisukan masuk radar mereka. (irr/c18/bas/jpg/rum)

  • Bagikan