Kapolres dan Dandim Pantau TPS Dalam Kota

  • Bagikan
ALEX SEKO/TIMEX PANTAU. Kapolres Ende, AKBP I Gede Ngurah Joni M bersama Dandim 1602/Ende, Letkol Kav I Nengah Pendi Ristanto memantau TPS 04 Pertokoan, Rabu (14/2).

Pastikan Kondisi Aman

ENDE, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Memastikan kondisi keamanan saat pemilihan umum, Kapolres Ende, AKBP I Gede Ngurah Joni M  bersama Dandim 1602/Ende, Letkol Kav I Nengah Pendi Ristanto melakukan pemantauan di sejumlah TPS yang ada di Kota Ende, Rabu (14/2).

Seperti yang disaksikan, Kapolres bersama Dandim 1602/Ende berkeliling ke sejumlah TPS termasuk TPS 04 Pertokoan Kelurahan Mbongawani Kecamatan Ende Selatan.

Saat ditemui di TPS 04 ,Kapolres Ende, AKBP I Gede Ngurah Joni M mengatakan, bersama Dandim pihaknya melakukan monitoring kondisi keamanan TPS yang ada di beberapa titik di Kota Ende.

Dia menyebutkan, hingga saat ini pelaksanaan pemilu dalam kondisi aman. Disebutkan, untuk  melaksanakan pengamanan di 983 TPS, pihaknya telah menggeser sebanyak 405 personel ditambah dengan BKO dari Polda NTT.

"Kita siagakan satu TPS satu anggota  jika TPS tersebut rawan atau satu anggota untuk dua sampai tiga TPS yang berdekatan. Selain itu juga ada dua linmas untuk satu TPS," tandasnya.

Dia menyebutkan, pihak kepolisian  dan TNI akan melakukan pengamanan diluar TPS dan tanpa masuk ke area TPS. Jika diminta oleh KPPS lanjut dia, polisi dan TNI baru boleh masuk ke area TPS.

"Kita akan terus melakukan pengamanan hingga perhitungan suara dan pengamanan saat pergeseran surat suara ke PPK di kecamatan," katanya.

Dia mengatakan, dalam pengamanan tersebut juga dibantu oleh Polsek dan Koramil.

Terkait dengan TPS rawan, pihaknya belum mendapat informasi dan laporan dari anggota, namun dia memastikan dalam kondisi aman.

"Ada beberapa kategori TPS rawan, diantaranya sebelumnya terjadi  pemungutan suara ulang, ada permasalahan tanah, lokasinya sangat jauh dan lainnya. Namun secara umum masih aman sesuai monitoring kami dari lapangan," pungkasnya.

Disaksikan di TPS 04 Pertokoan, pelaksanan pencoplosan berjalan aman. TPS yang kebanyakan warga keturunan Tionghoa tersebut sangat antusias melakukan pencoblosan.

Adapun jumlah DPT yang ada di TPS 04 Pertokoan sebanyak 295 orang dengan rincian, laki-laki 149 orang dan perempuan 146 orang. (kr4/ays)

  • Bagikan