13 Kecamatan Gelar Pleno penghitungan suara

  • Bagikan
ALEXIUS EADJA SEKO/TIMEX PLENO. Pleno Pemilu tingkat kecamatan Detusoko.

ENDE, TIMEX.DFAJAR.CO.ID - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kabupaten Ende mulai melaksanakan Pleno penghitungan suara, Senin (19/2). Setidaknya sebanyak 13 kecamatan yang melaksanakan Pleno pada hari pertama ini.

Ketua komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Ende Adolorata Maria Da Lopez Bi menyebutkan bahwa 13 PPK pada hari pertama sudah memulai kegiatan pleno.

Menurut Maria Da Lopez Bi, beberapa kecamatan yang mulai melakukan pleno hari ini diantaranya Kecamatan Maukaro, Kecamatan Nangapanda, Kecamatan Ende Selatan, Kecamatan Ende, Kecamatan Maurole, Kecamatan Detukeli.

Selaim itu , Kecamatan Ndori, Kecamatan Ende Utara, Kecamatan Wolojita, Kecamatan Ende Tengah, Kecamatan Ende Timur, Kecamatan Detusoko dan Kecamatan Kotabaru.

Sementara pada hari Selasa (20/2) pleno PPK Kecamatan Kelimutu, Kecamatan Wewaria, Kecamatan Pulau Ende, Kecamatan Ndona Timur, Kecamatan Lepkes dan Kecamatan Ndona.

Pleno PPK pada Rabu (21/2) dilaksanakan di Kecamatan Lio Timur dan Kecamatan Wolowaru.

Pleno Rekapitulasi Hasil penghitungan Perolehan Suara Pemilu serentak tahun 2024 di tingkat PPK di Kabupaten Ende dijadwalkan dilaksanakan hingga Sabtu (24/2).

"Pleno tingkat kecamatan akan bergulir hingga tanggal 24 Pebruari mendatang. KPU Ende berharap penghitungan tingkat kabupaten bisa diselesaikan tepat waktu,"sebut Adolorata.

Lanjut Adolorata, dia berharap nantinya, pelaksanaan pleno penghitungan tingkat Kabupaten juga bisa dilaksanakan sesuai jadwal.

"Kita berharap pelaksanaan pleno bisa selesai tepat waktu, supaya pleno ditingkat Kabupaten bisa segera di mulai dan selesai tepat waktu," ungkap Ketua KPU.

Sementara itu saat mengikuti Pleno di tingkat Kecamatan Detusoko, pelaksanaan Pelno dibuka secara resmi oleh Ketua PPK Kecamatan Detusoko Marianus Kota Tani.
Hadir dalam acara Pembukaan Camat Detusoko Dus Santiasa, Kapolsek Detusoko, Danramil.

Selain itu juga hadir para saksi dari para Caleg, saksi Partai maupun saksi dari calon DPD, dan dijaga secara ketat oleh aparat Kepolisian.

Camat Detusoko Dus Santiasa saat pembukaan kegiatan pleno PPK di kecamatannya dalam arahannya mengatakan, satu tahapan pemilu serentak yaitu pemungutan suara sudah berakhir.

"Kini kita masuk tahap berikutnya yakni Pleno tingkat kecamatan. Saya harap kita tetap menjaga keamanan dalam proses ini.Kalau nanti ada masalah disampaikan secara santun sesuai aturan dan tata tertib yang sudah kita dengar bersama " ujar Dus Santiasa.

Sementara itu, terpisah Ketua PPK Kecamatan Detusoko Marianus Kota Tani mengatakan, hingga pukul 13.00 wita, baru 5 TPS yang sudah selesai dilakukan Pleno dari 54 TPS yang ada di Kecamatan Detusoko.

"Untuk sementara berjalan aman saat melakukan Pleno untuk 5 TPS tersebut. Mudah- mudahan semua aman hingga tuntas 54 TPS," sebut Nus Tani.

Dengan kondisi seperti ini ,dia berharap bisa menuntaskan Pleno untuk 54 TPS pada hari Senin (19/2) ini dan jika tidak akan dilanjutkan esok hari.

Disaksikan, di tiga kecamatan dalam kota Ende hingga pukul 13.00 wita proses pleno rekaptulasi penghitungan suara masih berjalan aman dan dihadiri saksi dari Partai Politik, Capres dan DPD. (kr4/rum)

  • Bagikan