Bangun Kerja Sama dan Kolaborasi

  • Bagikan
IST PEMIBNA APEL. Pj Gubernur NTT, Ayodhia Kalake saat menjadi pembina apel di halaman kantor Gubernur NTT, Senin (19/2).

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID -  Penjabat (Pj) Gubernur NTT, Ayodhia GL Kalake bertindak sebagai pembina pada apel kesadaran aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi NTT di halaman gedung Sasando kantor gubernur, Senin (19/2).

Apel kesadaran yang diikuti oleh para pimpinan perangkat daerah dan ASN lingkup Pemerintah Provinsi NTT ini dipimpin oleh Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah Provinsi NTT, Petrus Seran Tahuk selaku komandan upacara.

Dalam sambutannya, Ayodhia menyampaikan ucapan selamat memasuki peringatan Minggu-minggu Sengsara dan masa pra Paskah bagi segenap umat Kristiani di seluruh NTT dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat NTT yang telah menggunakan hak pilihnya pada pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif, 14 Februari lalu.

“Apresiasi kepada penyelenggara pemilu dan petugas keamanan yang telah bekerja keras sehingga penyelenggaraan pesta demokrasi di Provinsi NTT dapat berjalan dengan aman, lancar, tertib dan sukses. Kepada seluruh ASN, saya sampaikan apresiasi karena tetap menjaga dan mengedepankan netralitas sesuai amanat undang-undang. Mari kita tetap menjaga semangat persaudaraan dan kedamaian dalam masa rekapitulasi suara,” ungkapnya.

Disamping itu, Ayodhia juga mengimbau ASN sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan publik agar selalu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif.

“Bapak Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2024 tentang Perubahan Kesembilan Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil yang menetapkan kenaikan gaji PNS sebesar 8 persen dari gaji pokok. Dengan ruang fiskal yang terbatas, pemerintah provinsi juga telah menganggarkan pemberian tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) pada tahun anggaran 2024. Saya berharap peningkatan gaji dan pemberian TPP ini semakin meningkatkan kinerja kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Selain itu, memasuki musim penghujan, Ayodhia turut mengimbau Dinas Pertanian Provinsi NTT dan perangkat daerah terkait lainnya agar segera memfasilitasi masyarakat untuk mulai menanam berbagai komoditas pertanian sehingga ketersediaan komoditas-komoditas tersebut tetap terjaga di pasar.

“Saya mengharapkan agar Biro Ekonomi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan beserta TPID provinsi terus melakukan pemantauan dan pengendalian inflasi harga-harga kebutuhan pokok masyarakat agar tetap terjangkau. Berbagai program dan kegiatan yang telah ditetapkan terkait dengan penurunan stunting serta kemiskinan dan kemiskinan ekstrem agar segera direalisasikan," ujarnya.

Dia meminta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan berbagai stakeholder terkait potensi dan penanganan bencana alam. Termasuk di dalamnya penanganan Virus African Swine Fever (ASF) yang menyerang ternak babi dan rabies agar Dinas Peternakan terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk pengendaliannya.

“Untuk suksesnya semua program dan kegiatan yang telah kita susun, harus dibangun sinergitas dan kerja sama baik antar-ASN dan antar-perangkat daerah. Untuk itu pada momentum yang baik ini saya mengajak kita semua untuk mari kita membangun kolaborasi, bekerja secara kreatif dan inovatif serta menjaga kekompakan dan kesolidan dalam bekerja," bebernya. (cr1/ays)

  • Bagikan