Pangan Murah Bantu Masyarakat Saat Harga Beras Melambung

  • Bagikan
ALEXIUS RADJA SEKO/TIMEX SERAHKAN BANTUAN. Wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede secara simbolis menyerahkan beres menandai Gerakan Pangan Murah, di halaman Kantor Bupati Ende, Rabu ( 6/3).

ENDE, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Bertempat di halaman Kantor Bupati Ende , Rabu ( 6/3) Pemerintah Kabupaten Ende melaksanakan Gerakan Pangan Murah.Gerakan ini merupakan gerakan secara nasional yang diselenggarakan secara serentak di Indonesia.

Seperti yang disaksikan, ratusan warga kota Ende berbondong-bondong dan antre untuk mendapatkan bahan pangan terutama beras dengan harga relatif murah dibanding harga pasar yang melonjak. Dikesempatan ini, hadir wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede yang membuka kegiatan Gerakan Pangan Murah.

Wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede ditemui saat giat tersebut mengatakan, gerakan pangan murah sangat membantu masyarakat ditengah harga beras melambung tinggi dipasaran. Erik mengatakan, selain itu dalam rangka mengantisipasi kebutuhan beras menjelang hari raya keagamaan, puasa, Lebaran dan Paskah.

"Kita lihat antusias warga sangat tinggi dengan adanya antrean yang cukup panjang.Jika memang tidak mencukupi kita akan koordinasi dengan Bulog untuk menambah pasokan," kata dia.

Dia melanjutkan, kegiatan ini hanya berlangsung selama satu hari,namun jika masih dibutuhkan, akan dilakukan operasi pasar untuk menjawab keresahan masyarakat akan tingginya harga beras di pasaran.

"Nanti fokus kita pada kecamatan khususnya di wilayah yang tidak ada lahan persawahan," lanjut Erik lagi.

Disebutkan, untuk tahun ini beberapa titik mengalami gagal tanam akibat curah hujan kurang. Selain itu kata dia, musim panas ini juga membawa permasalahan akan ada lahan kering yang juga bisa menyebabkan gagal panen.

"Karena itu pemerintah akan melakukan koordinasi dengan Bulog untuk lakukan operasi pasar di daerah- daerah tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Ende, Nona Ilmoe, mengatakan, kegiatan gerakan pangan murah hanya dilaksanakan satu hari.

Menurut dia, kegiatan ini sebenarnya dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Namun karena berhadapan dengan Hari Besar Keagamaan maka ditunda. Meski demikian, untuk kabupaten Ende dilaksankan, Rabu (6/3).Menurut dia, pelaksanaan kegiatan tersebut sudah melalui koordinasi pelbagai pihak sehingga bisa digelar pada tanggal 6 Maret 2024.

"Gerakan Pangan Murah kota lakukan bekerja sama dengan Bulog Ende dan mitra distributor yang ada di Kabupaten Ende, " kata dia.

Berdasarkan pantauan dan hasil penelusuran, ketersediaan pangan di Kabupaten Ende untuk sementara aman. Karena, warga masyarakat Kabupaten Ende tidak bergantung pada beras namun ada pilih lain dalam mengkonsumsi olahan pangan.

Sementara itu, Kepala Bulog Cabang Ende Raymond David Wuri terpisah mengatakan, kegiatan ini merupakan indikasi dari Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Ende bekerja sama dengan Bulog Ende.

Disebutkan, Bulog menyediakan beras sebanyak 7 Ton dalam giat gerakan pangan murah.Selain itu lanjut dia, juga menyediakan minyak goreng, gula dengan harga dibawah harga pasaran.

Dalam pelaksanaan Gerakan Pangan Murah, Wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede menyerahkan secara simbolis beras kepada perwakilan masyarakat menandai Gerakan Pangan Murah. (kr4/thi)

  • Bagikan