Pohon Beringin Nyaris Menimpa Selasar  Soekarno di Taman Permenungan Ende

  • Bagikan
ALEX SEKO/TIMEX ROBOH. Pohon beringin tumbang nyaris menimpa selasar Soekarno, Jumat (15/3).

ENDE, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Angin kencang yang menerjang wilayah Kabupaten Ende beberapa hari terakhir, menyebabkan banyak pohon roboh. Selain itu, beberapa rumah warga juga mengalami kerusakan.

Seperti yang terjadi, Jumat (15/3), sebuah pohon beringin tua yang diperkirakan berusia ratusan tahun terletak di situs Taman Perenungan Bung Karno tumbang. Tumbangnya pohon beringin diperkirakan sekira pukul 10.40.

Salah seorang saksi mata, Merlin yang juga penjaga loket saat ditemui di lokasi taman Perenungan Bung Karno mengatakan, kejadian pohon beringin tumbang berlangsung cepat. Saat itu kata dia, terjadi angin kencang yang menerjang Kota Ende.

"Angin kencang melanda kawasan situs taman Perenungan Bung Karno pada hari Jumat pukul 10.40 menyebabkan pohon yang usianya diperkirakan  ratusan tahun tumbang," ungkap Merlin yang juga staf pada kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende.

Dia mengatakan, beruntung saat kejadian tidak ada pengunjung yang berada di lokasi seputaran tumbangnya pohon.

"Saat itu saya sedang bertugas diloket pengunjung. Beruntung tidak ada pengunjung yang lewat. Saya sempat terkejut tiba-tiba pohon roboh," jelasnya.

Dia mengatakan, untungnya pohon beringin yang berukuran besar dengan diameter 1 meter tersebut tidak mengenai selasar Soekarno.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Mensi Tiwe yang ditemui di pelataran rumah jabatan bupati Ende, mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari kepala Bidang Kebudayaan Dinas  P dan K Kabupaten Ende terkait dengan tumbangnya pohon beringin di taman yang merupakan salah satu situs Bung Karno Ende.

"Pohon beringin yang tumbang di taman situs Perenungan Bung Karno itu kemungkinan sudah termakan usia dan rapuh sehingga ketika diterjang angin langsung tumbang," kata Mensi.

Dijelaskan, untuk mengatasi terganggunya pengunjung yang datang ke taman permenungan situs Bung Karno dampak dari tumbangnya pohon beringin, pihaknya telah meminta staf Dinas P dan K untuk melakukan pembersihan dahan pohon beringin yang tumbang itu.

Seperti yang disaksikan dilokasi, pohon beringin yang tumbang nyaris menimpa selasar Soekarno. Diperkirakan selisih 30 cm, jika tidak maka dipastikan selasar yang bergambar ikon motif daerah dan ikon perjalanan Bung Karno rusak. (kr4/ays)

  • Bagikan