Batas Akhir Rekapitulasi Tinggal Tiga Hari

  • Bagikan
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS PENGAMANAN KPU DI PERKETAT. Pasukan Brimob tiba di gedung KPU Pusat, Jakarta, Minggu (17/3). Jelang penetapan hasil pemilu 20 Maret, pengamananan mulai diperketat oleh petugas KPU dan kepolisian.

Jawa Barat Ditargetkan Tuntas Hari Ini

JAKARTA, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Proses rekapitulasi suara di tingkat nasional mengalami perlambatan. Dari enam provinsi yang belum menuntaskan rekapitulasi, hingga berita ditulis tadi malam masih belum ada perubahan.

Keenam provinsi itu yakni Jawa Barat, Maluku, Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya. Papua Tengah yang sedianya dijadwalkan menggelar rekapitulasi di KPU RI pukul 10.00 WIB, namun hingga pukul 19.30 WIB belum digelar. KPU disebut merencanakan pukul 21.00 WIB.

"Semoga malam bisa," kata komisioner KPU RI Mochammad Afifuddin, Minggu (17/3) malam.

Meski waktu yang tersisa tinggal tiga hari lagi, Afif optimis sisa daerah yang belum usai bisa dituntaskan. Jika tak ada hambatan, hari ini, Senin (18/3) akan ada banyak provinsi yang siap.

"Besok (hari ini) pada masuk rencananya," imbuhnya.

Namun dia belum memastikan provinsi mana saja. Sementara itu, situasi tak biasa dialami Jawa Barat dalam proses rekapitulasi suara hasil pemilu. Dalam rekap pemilu tahun ini, Jawa Barat harus menuntaskan rekapitulasi hingga jelang last minute.

Situasi itu, bahkan sampai disentil Ketua KPU RI Hasyim Asyari dalam rapat pleno rekapitulasi, Sabtu (16/3). Hasyim menyebut Jawa Barat tak biasanya harus ikut kluster Papua, disaat semua provinsi di Jawa telah tuntas sebelumnya.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Jawa Barat Ummi Wahyuni mengatakan, Jawa Barat adalah provinsi dengan jumlah pemilih yang terbanyak di Indonesia. Dengan jumlah TPS terbesar di Indonesia, yakni 140.457 TPS.

Rekapitulasi, lanjut dia, sejatinya sudah hampir tuntas. Kekurangan hanya terjadi pada satu kabupaten, yakni Bekasi.

"Kami telah menyelesaikan rekapitulasi di 26 kabupaten/kota menunggu satu kabupaten lagi," ujarnya saat dihubungi, kemarin.

Rekapitulasi di Kabupaten Bekasi sendiri, kata Ummi, sempat terlambat akibat proses di Kecamatan Tambun Selatan yang membutuhkan waktu panjang. Di kecamatan itu, jumlah TPS sangat besar yakni ada 1.223 TPS.

"Tambun Selatan memiliki jumlah TPS lebih besar dari jumlah TPS yang dimiliki di beberapa kabupaten/kota di Indonesia," imbuhnya.

Oleh karenanya, Ummi memaklumi jika KPU Kabupaten Bekasi membutuhkan waktu lebih lama. Namun Ummi memastikan, pihaknya akan menyelesaikan sesuai tenggat waktu. Kemarin, kata dia, KPU Jawa Barat tengah melanjutkan rekapitulasi untuk menuntaskan Kabupaten Bekasi.

"Doakan hari ini (kemarin) selesai di Jabar, Insya Allah besok (hari ini) kami sudah bisa hadir di KPU RI untuk mengikuti rekapitulasi di tingkat nasional," terangnya.

Sementara itu, hingga proses rekapitulasi mencapai 32 provinsi, pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah unggul di 30 provinsi. Dua provinsi yang gagal dimenangkan Prabowo adalah Sumatera Barat dan Aceh.

Di dua tempat itu, paslon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar unggul. Sementara paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD gagal menang termasuk di Jawa Tengah dan Bali yang menjadi basis pemilih PDIP. (far/jpg/ays)

  • Bagikan