SERAMBI, Sinergi Bank Indonesia dan Perbankan

  • Bagikan
FENTI ANIN/TIMEX PUKUL GONG. Penjabat Wali Kota Kupang bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT memukul bedug sebagai tanda dibukanya kegiatan SERAMBI 2024, lalu diikuti dengan seremoni pelepasan mobil layanan kas keliling seluruh perbankan di Kota Kupang, Senin (18/3).

Memenuhi Kebutuhan Uang Masyarakat Menjelang Idul Fitri

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi), di Kantor Bank Indonesia Provinsi NTT, Senin (18/3).

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi bersama antara Bank Indonesia dengan Perbankan dan stakeholders dalam rangka memenuhi kebutuhan uang perbankan dan masyarakat pada periode Ramadan dan Idul Fitri (Rafi).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati mengatakan, kegiatan serambi memasuki tahun pelaksanaan ke 3 di tahun 2024 yang dilaksanakan secara nasional dan serentak di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam Negeri, mulai dari 15 Maret sampai 5 April 2024.

"Pada tahun ini tema yang diambil yakni Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah. Selain mencerminkan bentuk kepedulian BI dalam rangka mendukung Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan wujud perhatian BI untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah di masyarakat,"ungkapnya.

Agus menjelaskan, melalui tema ini Bank Indonesia juga sekaligus mengajak masyarakat berbelanja secara bijak sesuai dengan kebutuhan, belanja produksi dalam negeri, serta menabung dan berinvestasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui Rupiah.

Layanan selanjutnya melalui layanan Kas Keliling Bank Indonesia dan Perbankan di Hypermart bundaran Tirosa pada tanggal 20, 21, 22, 27 dan 28 Maret 2024, serta di LANUD El Tari pada tanggal 26 Maret 2024.

“Kami bekerja sama dengan MUI, majlis taklim dan pihak terkait lainnya. Rencananya kegiatan final akan dilaksanakan di rumah Penjabat Gubernur Provinsi NTT pada bulan April," ungkapnya.

Untuk mendukung perekonomian, pada periode RAFI 2024 KpwBI NTT telah menyiapkan uang Rupiah sejumlah Rp.2,48 Triliun untuk kebutuhan masyarakat jelang lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1445H, dimana dalam proyeksi ini sudah mengakomodir proyeksi perbankan atas kebutuhan masyarakat dan perbankan sebesar Rp 748 Miliar.

Dia juga mengimbau agar masyarakat yang akan menukarkan uang di mobil layanan Kas Keliling Bank Indonesia dihimbau menggunakan aplikasi pintar (https://pintar.bi.go.id) untuk kelancaran proses penukaran.

Selain layanan penukaran uang, kata Kepala BI NTT, terdapat beberapa kegiatan lainnya dalam SERAMBI 2024 untuk menyemarakkan Ramadan dan Idul Fitri, yakni perlombaan dakwah antar pelajar, Qasidah, cerdas cermat antar santri (bekerjasama dengan MUI, Majlis Taklim, dan pihak terkait lainnya), serta Sosialisasi Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah di beberapa lokasi.

Penutupan kegiatan SERAMBI 2024 sekaligus final perlombaan dijadwalkan dilaksanakan di aula Pj Gubernur Provinsi NTT pada awal April 2024. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada IG KPw BI Provinsi NTT : bank_indonesia_ntt.

"Ke depan, Bank Indonesia bersama perbankan dan stakeholders terkait akan senantiasa menjaga ketersediaan uang Rupiah di masyarakat, sekaligus terus menghimbau agar masyarakat membelanjakan Rupiah secara bijak," tambahnya.

Dia menambahkan, Bank Indonesia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa mengenali ciri-ciri keaslian Rupiah dan merawat uang Rupiah sebagai bentuk Cinta Rupiah, menjaga Rupiah yang merupakan symbol kedaulatan negara sebagai bentuk Bangga Rupiah, dan mengenal fungsi Rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian sebagai bentuk Paham Rupiah.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, menyampaikan ucapan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1445 Mijrah bagi segenap umat muslim khususnya yang hadir pada acara ini semoga diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah ramadhan.

Penjabat Wali Kota juga memberikan apresiasi, menyambut baik dan memberikan dukungan pada event Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri Bank Indonesia Tahun 2024, yang diselenggarakan sebagai upaya memenuhi kebutuhan uang rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup, dan pecahan yang sesuai serta untuk menyediakan layanan kas kepada masyarakat pada periode ramadhan dan Idul Fitri.

“Ketersedian uang layak edar sangat penting baik untuk menunjang aktivitas masyarakat, aktivitas ekonomi, maupun keperluan bersilaturahmi, untuk itu saya atas nama pemerintah Kota Kupang menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah memilih Kota Kupang sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini," ucapnya.

Lebih Lanjut, Fahrensy mengatakan, event SERAMBi Tahun 2024 merupakan bentuk kepedulian Bank Indonesia dalam rangka mendukung Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), dan wujud perhatian Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat, dengan mengusung tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkat”.

Melalui kegiatan ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang sadar dan peduli dalam gerakan cinta, bangga, dan paham rupiah. Adapun hal yang tak kalah penting melalui event Kick Off Serambi 2024 ini, masyarakat diajak untuk berbelanja secara bijak sesuai dengan kebutuhan belanja produksi dalam memberi, serta menabung dan berinvestasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui rupiah.

Diakhir sambutan, Penjabat Walikota Kupang menyampaikan terima kasih kepada kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT atas sinergitas yang terjalin selama ini, khususnya atas dukungan Bank Indonesia dalam upaya pengendalian inflasi di Kota Kupang.

Dikatakan, inflasi di Kota Kupang Per Februari 2024, mengalami kenaikan dibandingkan dengan inflasi di bulan januari 2024 . Saat ini inflasi tercatat sebesar 3.06 dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 105,60 tingkat inflasi month to month dan tingkat inflasi year to date masing-masing sebesar 0,32 persen dan 1,30 persen.

Tingkat inflasi di Kota Kupang berada diatas angka inflasi nasional dan provinsi Nusa Tenggara Timur. Hal ini berarti upaya yang kita lakukan perlu lebih digalakkan, terutama dalam menekankan harga komoditas penyumbang inflasi. Selain itu, sinergitas dan kerja kolaborasi yang terjalin selama ini juga perlu ditingkatkan demi optimalisasi pengendalian inflasi di Kota Kupang.

Kegiatan ini dibuka oleh Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy P. Funay, serta turut dihadiri oleh mitra strategis utama BI antara lain Ketua MUI Provinsi NTT, Ketua LPPM MUI NTT, serta seluruh pimpinan Perbankan di Kota Kupang.

Pj. Wali Kota Kupang bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT memukul bedug sebagai tanda dibukanya kegiatan SERAMBI 2024, lalu diikuti dengan seremoni pelepasan mobil layanan kas keliling seluruh perbankan di Kota Kupang.

KPw BI Provinsi NTT bersinergi dengan 23 perbankan di Kota Kupang memberikan layanan penukaran uang kepada masyarakat. Masyarakat dapat melakukan penukaran uang di loket perbankan di seluruh wilayah NTT yang tersebar di 70 titik penukaran pada loket perbankan. Informasi titik penukaran dapat dilihat di https://bit.ly/Selatan-NKRI

Adapun layanan penukaran uang melalui mobil kas keliling dilaksanakan mulai 18 Maret 2024, tepat setelah Kick Off, di halaman Kantor Perwakilan BI Provinsi NTT. (thi)

  • Bagikan