Terima Hak Cipta Ketujuh, Kepala BKD NTT Henderina Apresiasi Pelayanan Cepat Kanwil Kemenkumham NTT

  • Bagikan
IST. BERSAMA. Tampak Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone, dan jajaran BKD Provinsi NTT pose bersama saat penyerahan hak cipta, di Aula Kanwil Kemenkumham NTT, Selasa (19/3).

KUPANG,TIMEX.FAJAR.CO.ID-Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTT menerima hak cipta ketujuh. Surat Pencatatan Ciptaan untuk program komputer ' Computer Assisted Test (CAT) Assessment Center '.

Penyerahan hak cipta oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) NTT, Marciana Dominika Jone, kepada Kepala BKD Provinsi NTT, Henderina S. Laiskodat, di Aula Kanwil Kemenkumham NTT, Selasa (19/3).

Program komputer ciptaan Henderina S. Laiskodat dan Aprilianus K. Lalo ini merupakan hak cipta ketujuh yang dicatatkan BKD Provinsi NTT di Kemenkumham RI.

“ Penyerahan hak cipta ketujuh dari BKD Provinsi NTT ini menjadikan BKD Provinsi NTT dengan pencatatan terbanyak di NTT," jelas Marciana.

Program komputer CAT Assessment Center pertama kali diumumkan di Kupang pada 4 Maret 2024 sebagai ciptaan milik BKD Provinsi NTT. Jangka waktu pelindungan berlaku selama 50 tahun sejak ciptaan tersebut pertama kali dilakukan pengumuman. Pelindungan hak cipta menganut sistem deklaratif, pihak yang pertama kali mendeklarasikan ciptaan yang berhak atas ciptaan tersebut dan dilindungi secara otomatis.

“ Pemilik hak cipta berhak mengajukan gugatan ganti rugi apabila ada orang lain yang meniru program komputernya tanpa izin, karena itu sudah termasuk pelanggaran hak cipta,” jelasnya.

Ciptaan yang dilindungi juga mencakup ilmu pengetahuan, seni dan sastra, seperti buku, lagu atau musik, drama, seni rupa, arsitektur, dan fotografi. Pelindungan hak cipta sekaligus diharapkan dapat mengembangkan ekonomi kreatif untuk meningkatkan perekonomian negara.

Sementara Kepala BKD Provinsi NTT, Henderina S. Laiskodat, mengapresiasi pelayanan cepat Kanwil Kemenkumham NTT atas fasilitasi pencatatan hak cipta. Pencatatan ciptaan sejak 2020 lalu, dimulai dengan lagu Mars BKD NTT, maskot, jingle, logo Assessment Center, hingga yang teranyar berupa program komputer.

“ Pelayanan sangat cepat. Kami mengurus pencatatan hak cipta kurang lebih hanya satu hari. Hari ini mengajukan permohonan secara online, keesokan harinya sudah tercatat, " ujarnya senang.

Henderina meyakini pelayanan yang baik dari Kanwil Kemenkumham NTT jika terus dipertahankan akan membuat masyarakat merasa senang dan puas. Terkait program komputer CAT Assessment Center yang telah dicatatkan sebagai hak cipta merupakan terobosan BKD Provinsi NTT dalam pelayanan publik berbasis digital.

Utamanya dalam penyelenggaraan penilaian kompetensi manajerial. Aplikasi yang diciptakannya bersama Pranata Komputer Ahli Pertama pada BKD Provinsi NTT ini menjadi sejarah baru dalam peningkatan pelayanan kepegawaian di Provinsi NTT.

“Kami senang memiliki rekan kerja seorang anak muda yang mampu berinovasi dan menterjemahkan nya menjadi aplikasi ini bisa digunakan oleh kabupaten di NTT, Perguruan Tinggi, bahkan provinsi lain untuk melakukan penilaian manajerial,” pungkasnya. (r1/ )

  • Bagikan