Polresta Gelar Latpraops Semana Santa

  • Bagikan
IST PENJELASAN. Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R. J. H. Manurung memberikan penjelasan terkait Latpraops Semana Santa yang dilakukan jelang hari raya Paskah tahun 2024 di Aula Bijaksana Polresta Kupang Kota, Senin (18/3)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Jelang hari raya Paskah tahun 2024, Polresta Kupang Kota menggelar latihan praoperasi (Latpraops) Semana Santa, Senin (18/3). Latpraops ini bertujuan untuk pengamanan selama hari raya Paskah tahun 2024.

Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R. J. H. Manurung dan dihadiri jajaran Pejabat Utama (PJU) Polresta Kupang Kota. Kombes Pol Aldinan pada kesempatan itu menjelaskan bahwa pelaksanaan operasi Semana Santa didasarkan SOP yang sudah ada.

"Prinsipnya, kita laksanakan sesuai petunjuk dan arahan (Jukrah) yang ada," ujarnya.

Sumber daya, sarana dan prasarana yang ada, Kombes Pol Aldinan menekankan harus dijalankan dengan baik guna tercapainya keberhasilan dalam pelaksanaan operasi.

"Laksanakan tindakan preventif agar setiap potensi gangguan dari ambang gangguan tidak menjadi gangguan nyata. Harapannya operasi ini berjalan baik, masyarakat dapat mengikuti ibadah dengan khusuk dan tentunya Kamtibmas tetap dalam keadaan kondusif," tandasnya.

Sementara Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Kompol Joni F. M. Sihombing, menjelaskan, terdapat gereja-gereja besar yang menjadi target pengamanan selama operasi Semana Santa.

"Ada 95 gereja yang menjadi prioritas dalam pengamanan, namun seluruh gereja di Kota Kupang tetap mendapat pantauan oleh personel," ungkapnya.

Menurutnya, dengan melakukan deteksi dini, dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, dan cipta kondisi guna meminimalisir pelanggaran ataupun kejahatan yang akan mengganggu Kamtibmas.

Kasat Samapta, Kompol Teosasar M. M. F. Ngulu juga menjelaskan, terkait tindakan preventif yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kejahatan dan terus memelihara Kamtibmas yang kondusif.

Selain itu, kata Kompol Theo, patroli dialogis dengan melakukan sambang kepada masyarakat juga akan dilakukan. Hal ini untuk mendapat informasi tempat-tempat yang berpotensi menjadi kerawanan Kamtibmas.

"Patroli samapta juga menyasar tempat keramaian publik, seperti kompleks pertokoan, mall dan pasar," jelasnya.

Kaurbinops (KBO) Satlantas, Iptu Valentinus Beribe mengatakan, target dalam operasi dengan melakukan fokus pada kendaran dengan suara keras atau brong.

Untuk diketahui, pelaksanaan operasi Semana Santa akan dimulai tanggal 20 Maret hingga 3 April 2024 mendatang, dan serentak dilaksanakan di seluruh Provinsi NTT. (r1/gat)

  • Bagikan