Empat Kader PDIP Siap Maju Pilgub

  • Bagikan
Ketua Desk Pilkada PDI Perjuangan NTT, Cendana Abubakar. (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Menjelang pilkada bulan November 2024 mendatang, muncul nama-nama dari PDIP yang akan bertarung dalam kontestasi pilgub.

Ketua Bappilu PDIP NTT, Cendana Abubakar kepada Timor Express, Rabu (20/3) mengatakan, ada empat nama kader partai yang siap maju pilgub, yakni Herman Hery, Andreas Hugo Parera, Yohanis Fransiskus Lema dan Emelia Nomleni.

Ia menyebut, PDIP tidak kekurangan kader berkualitas untuk didorong maju pilgub. Keempat nama tersebut dinilai layak dan memiliki prestasi masing-masing.

"Mereka sudah pernah diuji oleh rakyat, terakhir lewat pileg kemarin. Masing-masing punya prestasi dan empat kader itu siap. Pengamatan kami di internal, PDIP adalah partai yang paling siap dengan kadernya," tegasnya.

Dengan begitu, PDIP dipastikan akan mendorong kadernya untuk maju pilgub dan tidak mungkin mengambil kader non partai atau dari luar partai.

Meskipun begitu, PDIP akan melaksanakan penjaringan dan penyaringan calon sesuai dengan pedoman tata cara yang tertera dalam SK 0341. Tahapan itu pun akan dimulai pertengahan April yang dimulai dengan rapat koordinasi (rakor) evaluasi pileg dan persiapan pilkada.

Meskipun mengusung kadernya sendiri, Cendana menyebut, sesuai jumlah perolehan kursi pileg, maka tidak ada satu pun partai yang bisa mengajukan cagubnya sendiri. Karena itu, harus berkoalisi. PDIP pun membuka kesempatan ini untuk menjalin komunikasi dengan seluruh partai.

"Semuanya sama terbuka dan di tingkat provinsi untuk cagub berpatokan pada perolehan kursi, maka tidak ada satu partai yang bisa mengusung sendiri. Termasuk PDIP akan membangun komunikasi politik, ada penugasan membangun komunikasi ke partai yang mungkin bisa diajak ke PDIP. Seluruh partai terbuka peluang," tuturnya.

Sebagai pemenang pileg di tingkat provinsi, PDIP cukup seksi untuk membangun komunikasi politik dengan partai lain. Ia menyebut, hal itu akan dilakukan secara bermartabat dan saling menjaga kesetaraan semua partai.

"PDIP tidak mungkin ambil orang luar. Saya pastikan tidak mungkin, kita cari partai yang setara dan mari kita bangun NTT bersama," terangnya.

Sementara itu, partai-partai lain belum tercium jagoannya. Seperti Partai Nasdem yang belum ada pembahasan terkait pilkada maupun pilgub.

"Nasdem belum ada pembahasan tentang pilkada," kata Sekretaris Nasdem NTT, Yusak Meok.

Begitu pun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang diketahui sedang melaksanakan rapat di Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Rabu malam. Rapat tersebut diduga membahas terkait pilkada. Namun, Ketua DPW PKB NTT, Aloysius Malo Ladi enggan mengomentari.

"Malam ini kami kegiatan di DPP dan akan saya infokan setelah selesai kegiatan," ujarnya.

Ketika ditanya tentang pilkada dan pilgub, Aloysius hanya membalas singkat, "belum ada". (cr1/ays)

  • Bagikan