Mulai Pelayanan, Laboratorium Kammara Gelar Donor Darah

  • Bagikan
FENTI ANIN/TIMEX DONOR DARAH. Laboratorium Kammara bekerja sama dengan Pemuda Katolik, Kwarda Provinsi NTT dan PMI Kota Kupang guna menggelar kegiatan donor darah di Aula Kwarda NTT, Jumat (22/3).

KUPANG,TIMEX.FAJAR.CO.ID- Laboratorium Kader Muda Manggarai Raya (Kammara) membangun kerja sama dengan Pemuda Katolik, Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kupang menggelar donor darah. Kegiatan donor darah ini berlangsung di Aula Kwarda NTT, Jumat (22/3).

Kegiatan sosial berupa donor darah yang digelar Laboratorium Kammara itu sebagai tanda pelayanan kepada masyarakat Kota Kupang dan perhatian kepada pasien yang membutuhkan darah. Ketua Laboratorium Kammara, Paskalis Angkurbmengatakan, program donor darah yang dilakukan itu sebagai awal perjalanan Laboratorium Kammara untuk perjalanan ke depan.

Kegiatan ini, kata dia, merupakan bentuk dari tanggung jawab kader Laboratorium Kammara terhadap masalah kemanusiaan dan sebagai wujud kontribusi pemuda untuk membangun Kota Kupang, terutama di bidang kesehatan. Di mana, semua masyarakat tahu bahwa sering terjadi kekurangan stok darah di Kota Kupang.

Paskalis mengatakan, kegiatan donor darah yang diselenggarakan itu mendapat antusias tinggi dari para partisipan yang berjumlah kurang lebih 250 orang. Karena itu maka dirinya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Kwarda NTT, Pieter Manuk yang menyambut baik dan telah memberikan tempat untuk kegiatan donor darah tersebut.

"Terima kasih juga untuk organisasi kepemudaan, Pemuda Katolik, senat dan mahasiswa STIPAS yang telah berpartisipasi dalam mendukung kegiatan perdana Lab Kammara ini," ungkapnya.

Dia berharap agar dengan kegiatan donor darah yang digelar Laboratorium Kammara itu selalu memberi manfaat bagi masyarakat dan bisa membantu pemerintah Kota Kupang dalam ketersediaan stok darah.

"Tentu ini akan menjadi kegiatan rutin Lab Kammara yang akan diagendakan secara berkelanjutan dengan aksi-aksi sosial lainnya. Dan kita akan rancang dalam kegiatan Laboratorium Kammara," tambahnya.

Laboratorium Kammara jugabmerupakan organisasi masyarakat yang menjadi ruang diskusi dan menyerap aspirasi orang muda terutama kader-kader muda Manggarai Raya di Kota Kupang.

"Laboratorium Kammara menjadi ruang diskusi dan kajian bagi isu-isu di masyarakat, termasuk isu-isu masalah kesehatan," jelas Paskalis Angkur.

Sementara Ketua Kwarda NTT, Pieter Manuk mengucapkan terima kasih kepada Laboratorium Kammara yang telah melibatkan Kwarda NTT dalam kegiatan perdananya itu.

"Saya mengapresiasi kegiatan Laboratorium Kammara ini. Sebab, dengan kebutuhan darah yang tinggi di Kota Kupang maka tentu apa yang dilakukan Laboratorium Kammara akan menyelamatkan banyak nyawa," ujarnya.

Ke depan, Pieter berharap agar Laboratorium Kammara bisa melakukan kegiatan donor darah di musim-musim paceklik darah terutama di bulan Januari hingga Maret.

Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Kota Kupang, Valentinus Kopong Masan, juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terkait yang menghubunginya untuk ikut bergabung dalam kegiatan sosial donor darah tersebut.

"Karena Pemuda Katolik bukan hanya mengurus panggilan iman Katolik saja, tetapi juga urus kemanusiaan," jelasnya.

Dirinya menyebut, kolaborasi dengan laboratorium ini menggugah Pemuda Katolik untuk memasukan donor darah sebagai program kerja ke depan. Pemuda Katolik ini juga mengapresiasi kegiatan donor darah yang digelar Laboratorium Kammara.

"Pastinya kami akan selalu membantu kebutuhan darah di Kota Kupang," ungkapnya. (thi/gat)

  • Bagikan