Pemerintah Siapkan Mudik Gratis ke Alor dan Rote, Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Perayaan Samana Santa

  • Bagikan
James Adam

KUPANG,TIMEX.FAJAR.CO.ID- Kementerian Perhubungan melalui Direktur Jenderal Perhubungan Laut memberikan program mudik gratis bagi umat muslim yang ingin melakukan mudik lebaran 2024.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kasi KBPP KSOP Kelas III Tenau Kupang, Atonius Nitbani, Rabu (20/3). Dia mengatakan, mudik gratis dilakukan menggunakan Kapal cepat PT Dharma Indah dengan tujuan Kabupaten Alor dan Kabupaten Rote Ndao.

Dia menjelaskan, PT Dharma Indah dan PT Izim memberikan layanan mudik gratis, dengan jadwal ke Kabupaten Rote Ndao pada tanggal 5 April dan kembali dari Rote ke Kupang pada tanggal 15 April.

Sementara untuk PT Dharma Indah dengan tujuan pelayanan ke Alor, dengan kapasitas 337 penumpang, akan melayani mudik pada tanggal 6 sampai 7 April dan kembali dari Alor ke Kota Kupang pada tanggal 13 dan 15 April.

Dia menjelaskan, mudik gratis hanya memerlukan persyaratan KTP orang yang ingin melakukan perjalanan mudik tanpa diwakilkan KTP lain. Harus dengan KTP yang bersangkutan.

"Program mudik lebaran secara gratis berlaku di seluruh Indonesia, bertujuan untuk memberikan kemudahan transportasi bagi umat muslim yang merayakan bulan suci Ramadhan 2024," katanya.

Dia menambahkan, untuk di NTT mudik gratis menggunakan 2 kapal cepat yang ada di Pelabuhan Tenau Kupang dengan tujuan Rote dan Alor.

Antonius Nitbani mengatakan, dari sisi keamanan pelayaran saat Perayaan Paskah Semana Santa di Larantuka, pengecekan akan dilakukan untuk semua kapal dan alat keselamatan sebelum waktu keberangkatan.

“Dari segi keselamatan akan diperiksa kembali, seperti alat penolong, keadaan kapal semua disiapkan. Sehingga kami dengan Ditkapel dari Jakarta akan datang melakukan cek kapal persiapan disini,” jelasnya.

Antisipasi lonjakan dan penumpukan penumpang saat memasuki perayaan paskah semana Santa di Larantuka, terutama pada ruang tunggu keberangkatan juga akan dilakukan penambahan fasilitas kursi tunggu.

Dia mengimbau agar masyarakat melakukan rencana perjalanan sebelum hari perayaan tiba, untuk menghindari terjadinya penumpukan maupun desakan penumpang.

Sementara untuk mengantisipasi perayaan Semana Santa di Larantuka, Pelabuhan ASDP Fery Indonesia Cabang Kupang menambah frekuensi trip perjalanan kapal.

Demikian disampaikan General Manager ASDP Ferry Indonesia Cabang Kupang Sugeng Purwono. Dia menyebut, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang.

Dia menjabarkan, bahwa mulai tanggal 22 Maret sampai 29 Maret, biasanya terjadi lonjakan penumpang yang ingin mengikuti prosesi Samana Santa di Flores Timur Larantuka.

Dia mengatakan, armada di ASDP masih terbatas sehingga masyarakat diminta untuk merencanakan perjalanan mudik jauh hari sebelum keberangkatan.

“Pasalnya kalau lonjakannya terlalu banyak, kita juga kewalahan. Kalau mau berangkat bisa dilakukan pada tanggal 22 Maret, jangan direncanakan pada tanggal 26 dan tanggal 28, karena pasti akan sangat padat, " Pungkasnya. (thi)

  • Bagikan