68 Personel Tempati Empat Pos Pam

  • Bagikan
IST RAKOR. Suasana pelaksaan kegiatan rakor lintas sektoral terkait pelaksanaan operasi Ketupat Turangga tahun 2024 di Aula Bijaksana Mapolresta Kupang Kota, Rabu (27/3)

Lintas Sektoral Dukung Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Dalam rangka kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, Polresta Kupang Kota akan menggelar Operasi Ketupat Turangga. Pelaksanaan operasi ini untuk menjamin keamanan bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah sekaligus menjaga kamtibmas agar tetap kondusif di tengah masyarakat. Karena itu maka digelarlah rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral bertempat di Aula Bijaksana Mapolresta Kupang Kota, Rabu (27/3).

Dalam kesempatan itu, Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R. J. Manurung menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan operasi yang akan dilaksanakan yakni agar terjaminnya keamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri dan menurunnya angka kriminalitas. Selain itu, operasi yang dilaksanakan juga bertujuan untuk mewujudkan kamseltibcarlantas, menurunkan jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Polresta Kupang Kota menggunakan alat utama dan alat khusus, yaitu alat komunikasi berupa Handy Talky (HT) sebanyak 82 unit, sepeda motor 60 unit, mobil roda empat sebanyak 20 unit dan roda enan sebanyak empat unit, untuk melakukan operasi di wilayah Polresta Kupang Kota yang terdiri dari enam kecamatan dan 51 Kelurahan, dengan 12 tempat yang akan digunakan untuk melaksanakan Salat Idul Fitri secara berjamaah.

"Jumlah pos pengamanan sebanyak empat dan pos pelayanan sebanyak dua pada pusat perbelanjaan serta dua pos pelayanan terpadu di Bandara El Tari dan Pelabuhan Tenau dengan melibatkan 68 personel," jelasnya.

Kombes Pol. Aldinan juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terkait yang telah mendukung Polri dalam mengamankan hari raya Idul Fitri yang merupakan tugas bersama itu.

Dirinya juga mohon bantuan dari TNI, Dinas Perhubungan, Pol PP, Dinas Kesehatan, FKUB, Sinode GMIT, BMKG, Basarnas, PHBI, Bulog, Pelindo, Pelni, Angkasa Pura, Pengadilan, BPBD dan BMKG untuk bekerja sama dalam operasi Ketupat Turangga 2024 selama 13 hari yaitu sejak tanggal 4- 16 April nanti.

"Kami mengharapkan agar kegiatan pengamanan ini bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Ketua PHBI, Ambo menjelaskan bahwa PHBI sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan MUI Provinsi NTT dan MUI Kota Kupang, dengan memberikan catatan kepada semua komponen yang mengajukan untuk melaksanakan pawai takbiran dengan melakukan satu kegiatan pawai takbiran saja. Selain itu, panitia pawai takbiran juga harus berkoordinasi dengan pemuda gereja agar bersaa menjaga pelaksanaan kegiatan pawai takbiran nantinya.

"Kami berterima kasih kepada Kapolresta Kupang Kota karena personel Polresta Kupang Kota selalu menjaga kegiatan Sholat Taraweh di Kota Kupang," ungkapnya.

Sementara penyampaian dari Wakil Komandan Denpom IX Kupang, perwakilan BMKG El Tari dan BPBD Kota Kupang, menyatakan siap mendukung penuh dan bekerjasama di dalam pengamanan Operasi Ketupat Turangga 2024. Denpom TNI AD Kupang siap menurunkan personel apabila diminta oleh Polresta Kupang Kota.

Hadir pada kesempatan rakor itu, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R. J. H. Manurung, Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay, para PJU Polresta Kupang Kota dan Kapolsek jajaran.

Selain itu, hadir juga Dandim 1604 Kupang yang diwakili oleh Danramil 1604-01 Kupang, Mayor Inf. Hendri Dunant, Danlantamal VII Kupang yang diwakili oleh Danyonmarhanlan Letkol Marinir Haryadi Akmur, Wakil Komandan Denpom IX Kupang Kapten Ketut Sumedana.
Kemudian Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere, Ketua PHBI, Ambo, perwakilan FKUB Kota Kupang Pdt. Jeky Latupeirissa serta perwakilan dari Badan Kesbangpol Kota Kupang, Dinas Kesehatan Kota Kupang dan BMKG El Tari Kupang. (r1/gat)

  • Bagikan