Kapal Wisata KM.White Pearl 01 Tenggelam

  • Bagikan

LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Peristiwa tenggelamnya kapal wisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat kembali terulang. Kali ini giliran KM.White Pearl 01. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Informasi yang dihimpun Timor Express di Pelabuhan Laut Marina Labuan Bajo, Jumad (5/4) menyebutkan konologi peristiwa berawal dari KM.White Pearl 01 membawah 8 penumpang teridiri dari 4 tamu wisatawan manca negara asal Amerika Serikat dengan 1 guide lokal, 1 orang kapten kapal dengan 3 anak buah kapal.

Selanjutnya berangkat pada tanggal 3 April dari Labuan Bajo ke Kelor lanjut lagi menuju Menjerite dan bermalam di Pulau Padar. Pada tanggal 4 April lanjut menuju pulau Kalong dan bermalam di Pulau Kanawa. Dan pada Jumad 5 April kapal berlabuh di mooring di pulau Kanawa
Tiba-tiba datang angin kencang dan gelombang besar menyebabkan air masuk kedalamb kapal dan kru kapal menyalakan pompa air untuk mengeluarkan air dari kapal. Namun gelombang terus-menerus menghantam kapal sehingga kapten kapal memutukan untuk mengevakuasi tamu ke dermaga di Kanawa. Sekitar pkl.04.00 wita kapal sepenuhnya tenggelam.

Pada pagi hari tim gabungan dapat laporan sekitar pkl.09.30 wita tim ke lokasi dan evakuasi semua tamu dengan kapal lokal KM.RRI. jam 11.00 wita tim ke Labuan Bajo dengan kapal Basarnas. Semua penumpang dievakuasi dalam keadaan selamat. Tim gabungan terdiri dari Polairud Polres Mabar, Basarnas, TNI AL, dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Labuan Bajo.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Ari Satmoko melalui Kasat Polairud Polres Mabar, AKP I Wayan Merta mengatakan akan tetap mengambil keterangan dari para pihak. Dijelaskan cukup sulit untuk melakukan penyelidikan karena kapal dalam keadaan diam, sedang berlabuh. Yang terpenting, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. "Tidak ada korban jiwa, semua penumpang selamat,"jelasnya.(kr2)

  • Bagikan