Dishub Siap Amankan Kelancaran Arus Mudik

  • Bagikan
Bernadinus Mere

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Dalam persiapan menyambut perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kupang telah menyalurkan personelnya untuk ikut mengamankan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere usai menghadiri perayaan Paskah Oikumene lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, Jumat (5/4).

Menurut Bernadinus, personel dari Dishub Kota Kupang telah disiapkan untuk bekerja sama dengan stakeholder terkait lainnya dalam mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

"Mereka siap berperan dalam membantu memperlancar transportasi udara, laut dan darat," ujarnya.

Bernadinus juga menjelaskan bahwa pelayanan di bandara dan pelabuhan sudah memenuhi standar yang berlaku, baik dari segi fasilitas maupun tenaga layanan. Di pelabuhan, kata dia, pihaknya telah menyediakan fasilitas pendukung, termasuk keamanan dan kendaraan yang membantu mengangkut penumpang untuk mudik lebaran.

Sementara itu, terkait dengan transportasi darat, Bernadinus menyatakan bahwa semuanya berjalan normal untuk arus mudik dan arus balik. Persiapan telah dilakukan untuk menunjang kelancaran perayaan lebaran tahun ini.

"Dari segi transportasi darat, semuanya berjalan normal. Angkutan umum beroperasi seperti biasa sesuai dengan jadwal puncak arus mudik," jelasnya.

Selain itu, dalam rangka pengamanan selama perayaan Idul Fitri, Dishub Kupang telah bekerja sama dengan Polresta Kupang Kota untuk menjaga sejumlah titik yang menjadi tempat berkumpulnya banyak orang, terutama untuk salat di pagi hari.

Personel yang ditempatkan di titik-titik strategis disesuaikan dengan kepadatan arus mudik. Jika arus mudik padat, jumlah personel yang diturunkan akan lebih banyak. Sementara di lokasi yang tidak terlalu ramai, akan ditempatkan empat hingga lima personel saja.

Dengan persiapan yang matang dari Dinas Perhubungan Kota Kupang dan kerja sama antarinstansi terkait lainnya maka diharapkan arus mudik dan arus balik Idul Fitri tahun 2024 ini dapat berjalan lancar dan aman bagi semua pihak yang melakukan perjalanan. (cr3/gat)

  • Bagikan