Siaga SAR Khusus Lebaran Hari Ketiga Aman

  • Bagikan
IST SIAGA SAR. Anggota Basarnas Kupang sementara melaksanakan Siaga SAR khusus Lebaran bersama TNI/Polri dan instansi terkait di Pelabuhan Tenau Kupang, Senin (15/4).

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Anggota Basarnas Kupang kini masih melaksanakan tugas Siaga SAR khusus Lebaran. Senin (15/4) siaga SAR khusus Lebaran telah masuk hari ketiga.

Siaga SAR khusus Lebaran ini berpusat di Bandara El Tari, Pelabuhan Tenau Kupang, Pelabuhan Bolok dan Pelabuhan Atapupu. Selain itu, ada juga tempat wisata yakni di Pantai Lasiana juga disiagakan Anggota Basarnas Kupang.

Memasuki hari ketiga, terpantau Siaga SAR khusus Lebaran masih dalam kondisi aman dan lancar.
Seperti di Pelabuhan Tenau Kupang, Pelabuhan Bolok dan Bandara El Tari Kupang, anggota Basarnas Kupang bersama TNI-Polri dan instansi terkait masih terus siaga, baik saat penumpang hendak naik maupun turun dari transportasi laut dan udara.

Seperti disampaikan oleh Fitria, salah satu Anggota Basarnas Kupang yang bertugas Siaga SAR khusus Lebaran di tempat wisata Pantai Lasiana. Seperti yang diunggah di media Facebook dengan nama Basarnas Kupang, Senin (15/4) bahwa pelaksanaan Tim Mobile Siaga SAR khusus Lebaran di Pantai Lasiana terpantau kondusif, aman dan lancar.

"Pantai Lasiana sepi pengunjung," ujarnya dalam postingan tersebut.

Saat apel siaga SAR khusus dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024 M, tanggal 3 April dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, I Putu Sudayana dijelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan siaga SAR khusus tersebut bertujuan untuk mengantisipasi potensi kedaruratan dalam aspek layanan pencarian dan pertolongan (SAR) yang cepat, tepat, aman, terpadu dan terkoordinasi dengan unsur-unsur terkait agar suasana mudik masyarakat berjalan dengan aman, lancar dan terkendali.

"Siaga SAR khusus Lebaran dilaksanakan selama 16 hari, terhitung mulai tanggal 3-18 April 2024," jelasnya.

Sesuai arahan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Madya TNI Kusworo bahwa siaga SAR khusus Lebaran rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang dan sesudah Lebaran. Hal itu sebagai wujud kesiapsiagaan Tim SAR dalam menghadapi kedaruratan selama Lebaran.

Sesuai tugas dan fungsinya, kata dia, Basarnas melaksanakan operasi SAR yaitu mencari, menolong, menyelamatkan dan mengevakuasi korban pada kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal, kecelakaan dengan penanganan khusus, bencana pada fase tanggap darurat, dan kondisi membahayakan manusia.

"Basarnas siap memberikan pelayanan SAR yang optimal kepada masyarakat, dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun yang membutuhkan," pungkasnya. (r1/gat)

  • Bagikan