7.890 Penumpang Lalui Pelabuhan Bolok Saat Puncak Arus Balik

  • Bagikan
FENTI ANIN/TIMEX PUNCAK ARUS BALIK. Penumpang kapal di Pelabuhan Bolok baru saja tiba Kupang dan mulai turun dari kapal, diabadikan Senin (15/4)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID-Arus Balik Pemudik, pengguna jasa yang melalui Pelabuhan Bolok tercatat sebanyak 7.890 penumpang, dengan kendaraan roda dua sebanyak 745 unit dan roda empat sebanyak 190 unit. Arus balik sendiri terjadi pada tanggal 10 April sampai tanggal 15 April kemarin.

Demikian disampaikan General Manager ASDP Cabang Kupang, Sugeng Purwono, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (16/4).

"Puncak arus mudik di Pelabuhan Bolok terjadi pada tanggal 6 April kemarin, sebanyak 1.670 penumpang, sementara untuk puncak arus balik terjadi pada tanggal 15 April sebanyak 1.352 penumpang," kata Sugeng.

Dia menjelaskan, untuk arus mudik di Pelabuhan Bolok menyiapkan posko untuk arus mudik yang dimulai pada tanggal 2 sampai tanggal 9 April kemarin. Untuk arus mudik, tercatat sebanyak 8.185 penumpang, kendaraan roda dua sebanyak 1.120 dan roda empat sebanyak 328 kendaraan yang menyebrang melalui Pelabuhan Bolok ke semua lintasan.

"Untuk lintasan yang padat, biasanya ke Alor Kalabahi, Larantuka Flores Timur dan Waingapu," katanya.

Dia menjelaskan, selama berlangsungnya arus mudik dan arus balik, baik saat Hari Raya Paskah maupun Idul Fitri, pelayanan tetap berjalan lancar dengan armada enma kapal yang melayani seluruh lintasan yang ada di Provinsi NTT.

"Kalau kendala yang dihadapi biasanya karena cuaca, tetapi kami selalu berkoordinasi dengan BPBD selalu regulator dan informasi dari BMKG," jelasnya.

Dia juga mengingatkan kepada pengguna jasa yang ingin menyeberang melalui Pelabuhan Bolok, agar mempersiapkan kartu E-Money, dan mengisinya agar memudahkan transaksi. Karena pelayanan di pelabuhan semuanya menggunakan sistem non tunai.

Sebelumnya, salah satu penumpang yang ditemui di Pelabuhan Bolok pada Senin (15/4), Rendi Snae mengaku, dirinya tidak merayakan Idul Fitri, namun memanfaatkan momen ini untuk berlibur.

"Saya dan beberapa teman pergi berlibur ke Flores Timur dan Lembata. Dan baru tiba hari ini untuk mempersiapkan kerja pada besok nanti. Karena sudah usai berlibur," katanya.

Dia mengaku selama menggunakan jasa transportasi laut di Pelabuhan Bolok, pelayanannya baik dan tidak ada masalah, petugasnya juga mengarahkan jika ada kendala. (thi)

  • Bagikan