Jerry Manafe Balon Bupati Pertama Daftar ke Demokrat

  • Bagikan
ORANIS HERMAN/TIMEX DAFTAR. Bakal calon bupati Kupang, Jerry Manafe menerima berkas pendaftaran dari Ketua Satgas Demokrat Kabupaten Kupang, Benyamin Padji Mamo disaksikan Ketua DPC Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Rondo, Sekretaris DPC Demokrat Kabupaten Kupang, Mahli Atte serta Sekretaris Satgas Demokrat Kabupaten Kupang, Elfrid Saneh di Rumah Demokrat di Kelurahan Naibonat, Rabu (17/4).

Demokrat Small Is Powerfull

OELAMASI, TIMEX.FAJAR.CO.ID – Mantan wakil bupati Kupang periode 2019-2024, Jerry Manafe menjadi orang pertama yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon (balon) bupati ke DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Rabu (17/4) kemarin.

Kedatangan Jerry Manafe ke Rumah Demokrat di Kelurahan Naibonat Kecamatan Kupang Timur, seorang diri tanda didampingi pengurus Partai Golkar yang mengusung dirinya sebagai balon bupati.

Jerry Manefe diterima oleh Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Neil Rondo didampingi Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Mahli Semuel Atte, Ketua Satgas Demokrat, Benyamin Padji Mamo, Sekretaris Satgas Demokrat, Elfrid V Saneh serta seluruh pengurus DPC Partai Demokrat.

Usia berbincang dan penyerahan dokumen berkas oleh Ketua Satgas Demokrat, Benyamin Padji Mamo, kepada wartawan Jerry Manafe menyampaikan terima kasih kepada DPC Partai Demokrat yang telah menerima dirinya untuk mendaftar sebagai bakal calon bupati yang akan bertarung pada pilkada Kabupaten Kupang, bulan November mendatang.

“Hari ini saya berada di DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, diterima oleh pak ketua, pak Winston dengan teman-teman semua. Saya merasa sangat punya rasa kebersamaan dengan Partai Demokrat hari ini. Saya sampaikan terima kasih Partai Demokrat dengan serius, dengan tim lengkap, saya bisa datang untuk mendaftar,” kata Jerry.

Ia mengaku, sebagaimana perintah DPP Partai Golkar, para balon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung dalam pilkada harus berada bersama-sama dengan partai-partai yang sudah berkoalisi di tingkat nasional.

“Dalam hal ini Koalisi Indonesia Maju (KIM). Jadi kita harus keliling mendaftar. Demokrat adalah partai pertama yang saya daftar. Golkar lima kursi dengan Demokrat dua kursi, maka kita bisa pas tujuh. Tapi Partai Golkar minta kita mendaftar. Setelah Demokrat saya akan mendaftar juga ke partai-partai lain yang ada bersama koalisi nasional. Baik itu Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PBB, Partai Gelora Indonesia, PSI, Partai Garuda dan lainnya kita akan bersama-sama,” jelasnya.

Jerry mengaku kedatangannya kemarin seorang diri belum ada pendamping balon wakil. Sebab, di Partai Golkar untuk menentukan balon wakil harus melalui survei. Setelah dilakukan survei katanya, sekira bulan Juni sudah bisa mengetahui siapa balon wakil yang akan mendampinginya.

Ditanya mengapa tidak ada pengurus Partai Golkar yang mendampinginya saat mendaftar, Jerry mengaku mestinya seperti itu. Namun masih pendaftaran, sehingga ia datang seorang diri.

“Nanti saya bawa berkas, semua pengurus Golkar akan ikut. Memang saya tidak bangun komunikasi, saya belum mengajak semua. Jadi hari ini saya daftar dulu nanti selanjutnya kita akan sama-sama. Kalau nanti sudah ada wakil, kita datang sama-sama,” ujarnya.

Sementara mengenai rencana mendaftar ke partai lain yang tergabung dalam koalisi nasional, Jerry menegaskan, akan melihat jadwal dari partai dan akan berkomunikasi terlebih dahulu. Agar saat pergi tidak bertabrakan dengan balon lain yang ingin mendaftar.

“Saya berterima kasih hari ini saya di Demokrat orang pertama dan diterima dengan baik. Demokrat juga memberikan catatan untuk dua calon wakil bupati yaitu Elfrid Saneh dan Benyamin Padji Mamo, kedua saudara ini saya akan masukan di dalam survei. Jadi dalam survei tetap kita majukan kedua orang ini untuk survei,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Neil Rondo usai menerima pendaftaran bakal calon bupati, Jerry Manafe kepada wartawan mengucapkan terima kasih karena pembukaan pendaftaran hari ketiga, Rabu (17/4), Jerry Manafe datang dan mendaftar.

“Kemarin (Selasa, red) ada pak Maher Ora datang untuk konsultasi. Pak Jerry ini kandidat bupati pertama yang mendaftar. Kami merasa dihargai, kami sungguh-sungguh memberi apresiasi,” katanya.

Dijelaskan, Partai Demokrat bersikap terbuka bagi putra-putri terbaik Kabupaten Kupang yang punya rekam jejak bagus untuk bergabung bersama Partai Demokrat.

“Kami memang punya dua kursi saja. Tapi di mana-mana yang kecil itu yang akan sangat menentukan. Small is powerfull. Kami melalui teman-teman media minta dukungan supaya ini jadi ajang untuk putra-putri terbaik bergabung berkontestasi biar rakyat kita punya pilihan yang lebih banyak,” kata Winston.

Diakui, saat ini baru satu bakal calon bupati yang mendaftar yaitu Jerry Manafe.

Menyinggung mengenai wakil yang akan mendampingi Jerry Manafe, Winston mengaku, Partai Golkar punya mekanisme survei sehingga itu menjadi salah satu syarat di Partai Demokrat, yaitu merujuk pada survei sebagai indikator keterpilihan di Kabupaten Kupang.

“Memang teman-teman bakal calon bupati yang lain sudah kami informasikan mengenai pendaftaran di Demokrat. Ada beberapa tertarik, tetapi masih menyusun waktu yang baik. Kami buka proses ini sampai hari Senin tanggal 22 April,” katanya.

Winston menjelaskan, sesuai informasi yang disampaikan Jerry Manafe, survei akan dilakukan bulan Mei mendatang. (ays)

  • Bagikan