Kota Kupang dan Kabupaten Alor Jalin PKS dengan KPP Pratama Kupang

  • Bagikan
IST PELAYANAN. Suasana pelayanan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kupang, diabadikan beberapa waktu lalu.

Belanja Pemerintah Beri Sumbangsih Diatas 50 Persen

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Kepala KPP Pratama Kupang mengungkapkan beberapa daerah yang sudah menjalin kerja sama dengan KPP Pratama Kupang.

"Yang sudah melakukan Perjanjian Kerja Sama atau PKS dengan KPP Pratama Kupang yaitu Kota Kupang dan Kabupaten Alor," kata Kepala KPP Pratama Kupang, Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (17/4).

Dia berharap, di Tahun 2024 ini kabupaten lainnya juga bisa bergabung untuk melakukan perjanjian kerja sama dengan KPP Pratama Kupang.

"Kami sudah membangun komunikasi dengan beberapa kabupaten seperti Kabupaten Sabu, Kabupaten Rote dan Pemerintah Provinsi NTT, dan sudah bersedia untuk berproses, diharapkan Tahun 2024 ini perjanjian kerja sama itu bisa dilakukan," kata Ayu.

Ayu menerangkan bahwa, untuk kerja sama ini, teknisnya adalah pemerintah daerah mensupport data kepada KPP Pratama Kupang, lalu akan dicocokkan dan dikonfirmasikan, jadi ada pertukaran data.

Keuntungan dari pertukaran data ini, kata Ayu, bukan hanya menguntungkan bagi pajak pusat saja tetapi menguntungkan bagi pajak daerah, sehingga wajib pajak melaporkan ke daerah dan ke pusat juga.

"Jadi ada banyak manfaat dari perjanjian kerja sama antara pemerintah daerah dan KPP Pratama. Pemerintah daerah juga bisa meminta pelatihan, maka bisa memanfaatkan lembaga pelatihan yang ada di Kementerian Keuangan," jelasnya.

Ayu menambahkan, kerja sama dengan pemerintah ini dihadapkan bisa berjalan baik, juga bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kapasitas pegawai, asalkan sudah ada kerja sama.

Ayu menjelaskan, untuk pendapatan pajak, yang memberikan sumbangan terbesar adalah belanja pemerintah dengan porsi di atas 50 persen.

"Dan hampir semua sektor bertumbuh, baik itu sektor perdagangan, jasa keuangan maupun koperasi dan akomodasi yang sudah mulai tumbuh. (thi)

  • Bagikan