Baru Empat Balon Bupati Mendaftar, Satu Balon Wakil Bupati

  • Bagikan
ORANIS HERMAN/TIMEX BERI KETERANGAN. Ketua DPD PAN Kabupaten Kupang, Linden Sanam (tengah) didampingi Sekretaris DPD PAN, Dominggus Atimeta (kanan) memberikan keterangan mengenai pendaftaran dua balon bupati di sekretariat DPD PAN Kabupaten Kupang, Sabtu (20/4).

OELAMASI, TIMEX.FAJAR.CO.ID – Hingga Sabtu (20/4), sebanyak empat orang bakal calon (balon) bupati telah mendaftar di sejumlah partai politik (parpol). Mereka yang telah mendaftar yakni Jerry Manafe, Korinus Masneno, Messerasi Ataupah dan Yosef Lede.

Sementara untuk balon wakil bupati baru satu orang yang mendaftar yakni Selfester Banfatin. Selfester Banfatin mendaftar sebagai balon wakil bupati mendampingi Korinus Masneno. Sedangkan tiga orang balon wakil bupati didorong oleh parpol untuk diikutkan dalam survei yang akan dilaksanakan oleh Partai Golkar yakni Otniel Bobsuni (didorong oleh Gerindra), Elfrid Saneh (didorong oleh Demokrat) dan Benyamin Padji Mamo (didorong oleh Demokrat).

Balon bupati Kupang, Messerasi Ataupah usai mendaftar di sekretariat DPD PAN Kabupaten Kupang, Sabtu (20/4) kepada wartawan mengucapkan terima kasih kepada DPD PAN Kabupaten Kupang yang telah menerimanya dengan baik dan ia merasa dihargai sekali.

“Ini masih berproses dan waktu masih panjang. Kita menunggu keputusan selanjutnya dari DPD PAN setelah konsultasi ke DPW PAN. Setelah itu kita kerja untuk sejahterakan masyarakat Kabupaten Kupang,” katanya.

Menyinggung mengenai balon wakil yang akan mendampinginya, Messerasi mengaku semua itu masih berproses. Ia mengaku ada banyak nama yang sudah masuk yang sudah ia dekati maupun didekati.

“Saya berharap, saya bersama seluruh partai di Kabupaten Kupang bisa berkolaborasi untuk membangun Kabupaten Kupang. Untuk wakil saya tetap berharap untuk partai-partai di Kabupaten Kupang bukan sebagai pendukung tapi pengusung. Misalnya kalau PAN ada kader yang lebih baik dari yang sudah ditentukan atau yang belum ditentukan secara pasti saya senang saja. Jadi sekali lagi, PAN ini kita sudah kenal dekat sejak dulu karena saya pernah jadi Sekwan, jadi ketua sudah kenal dekat. Saya pikir tinggal eksekusi dengan tepat dan baik untuk semua masyarakat Kabupaten Kupang,” ujarnya.

Ditanya selain mendaftar di DPD PAN Kabupaten Kupang partai apa saja yang telah ia daftar, Messerasi menjelaskan, pihaknya masih menunggu konstelasi dari provinsi, maka segala mekanisme yang ditawarkan oleh partai-partai yang ada di Kabupaten Kupang akan diikuti.

“Karena dari Nasdem dan lain-lain di Kabupaten Kupang belum semua memenuhi persyaratan tujuh kursi jadi semua sedang berproses. Saya pikir dengan berkomunikasi bersama PAN seperti hari ini saya pikir kansnya untuk mendapat sesuatu dari PAN sangat besar. Untuk sementara tiga partai. Demokrat, di Gerindra belum lengkap, saya sudah masukan sebagian. Sekarang PAN. Saya berharap mendaftar di partai-partai selanjutnya,” kata Messerasi.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kabupaten Kupang, Linden Sanam menjelaskan, Sabtu (20/4), DPD PAN Kabupaten Kupang didatangi oleh balon bupati serta balon wakil bupati, Korinus Masneno dan Selfester Banfatin untuk mendaftar. Selain itu Messerasi Ataupah yang mendaftar sebagai balon bupati.

“Kita didatangi oleh paket Korsa (pak Korinus Masneno dan pak Selfester Banfatin). Di mana kita tahu bahwa pak Korinus itu adalah mantan bupati Kupang dan pak Selfester punya jabatan di PAN sebagai ketua Majelis Penasihat Partai Daerah (MPPD). Setelah itu bapak Messerasi Ataupah datang dan mendaftar. Keduanya sudah kita berikan tanda terima, berkasnya sudah lengkap. Tinggal kita menunggu lagi kalau ada yang mau mendaftar kita akan terima. Apabila persyaratannya sudah terpenuhi kita akan berikan tanda terima dan selanjutnya kita berproses karena sesuai arahan dari DPW bahkan dari DPP, kita hanya membuka pendaftaran untuk kemudian memverifikasi semua berkas pendaftaran dari putra-putri terbaik yang ada di Kabupaten Kupang baik itu kader maupun non kader untuk selanjutnya kita teruskan ke DPP melalui DPW,” jelasnya.

Linden mengaku, hingga Sabtu lalu baru satu kader PAN yang mendaftar yakni Selfester Banfatin. “Kader baru satu, pak Selfester Banfatin. Datang bersama bapak Korinus Masneno,” kata Linden.

Sementara, Sekretaris DPD PAN Kabupaten Kupang, Dominggus Atimeta menambahkan, sejauh ini baru dua balon bupati yang berkoordinasi dengan DPD PAN Kabupaten Kupang dan mendaftar. Yakni Korinus Masneno yang membawa serta pasangan balon wakilnya Selfester Banfatin dan Messerasi Ataupah sebagai balon bupati.

Sedangkan dari kader bahkan non kader belum ada komunikasi. Kalau cek mengecek mengenai pendaftaran banyak yang tanya. Tapi kepastian untuk mendaftar itu yang belum. Jadwal pendaftarannya terhitung tanggal 19 April sampai dengan tanggal 27 April. Hari libur pun kami buka sepanjang kalau ada komunikasi dari putra-putri terbaik yang akan mendaftarkan diri,” kata Dominggus.

Pada hari yang sama, dua balon bupati mendaftar ke Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Jerry Manafe yang hari sebelumnya mendaftar ke Partai Demokrat, Sabtu lalu mendaftar ke Partai Gerindra. Sedangkan Yosef Lede pada hari yang sama mendaftar di DPC Partai Gerindra Kabupaten Kupang dan DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kupang, Tome da Costa usai menerima pendaftaran Jerry Manafe menjelaskan, Jerry Manafe merupakan kader Partai Golkar, di mana Partai Golkar bergabung bersama Partai Gerindra dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Tome mengatakan, semua berkas persyaratan sudah diberikan kepada Jerry Manafe untuk diisi dan dilengkapi untuk kemudian dimasukan kembali ke DPC Partai Gerindra. Namun saat mengembalikan berkas persyaratan, Tome berharap Jerry Manafe sudah datang bersama bakal calon wakilnya.

“Supaya kita bisa merekomendasikan sampai di pusat. Kita rekomendasi ke DPD, nanti DPD akan membantu mengirimkan ke DPP dan DPP yang menentukan. Kita hanya merekomendasikan saja. Karena ini kita adalah satu tim pemain dari pusat sampai bawah. Sejauh ini sudah empat yang mendaftar, pak Korinus, pak Yos Lede, pak Messe dan pak Jerry Manafe. Semua kandidat bupati. Yang sudah lengkap itu pak Korinus Masneno, datang dengan wakilnya,” beber Tome.

Sementara itu, Jerry Manafe usai mendaftar ke DPC Partai Gerindra Kabupaten Kupang kepada wartawan menegaskan, sebagai kader Golkar, dirinya diperintah DPP Partai Golkar wajib hukumnya mendaftar di semua partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju.

“Satu KIM yang punya chemistry dengan Golkar adalah Gerindra. Kita lihat bagaimana kemesraan antara pak Airlangga Hartarto dan pak Prabowo Subianto. Dan bagaimana kontribusi Golkar untuk ada bersama Gerindra untuk mendorong pak Prabowo menjadi presiden. Sehingga mungkin koalisi ini adalah satu koalisi yang bukan baru di tingkat provinsi atau kabupaten, tapi itu sudah dari tingkat pusat,” kata Jerry.

Ditanya peluang Golkar menggandeng Gerindra untuk maju dalam pilkada Kabupaten Kupang, Jerry mengatakan, itu sangat mungkin. “Sangat mungkin. Tadi saya sudah minta dari Gerindra karena sampai saat ini saya belum ada wakil. Saya minta dari Gerindra untuk memberikan nama supaya kita survei lewat LSI. Gerindra sudah kasih yaitu pak Otniel Bobsuni dan saya sudah WA langsung ke Jakarta untuk masukan dalam survei kita yang akan dimulai tanggal 1 Mei 2024,” ujar Jerry sembil menjelaskan, dirinya akan mendaftar ke semua partai yang tergabung dalam KIM.

Jerry berharap, Koalisi Indonesia Maju harus ada di Kabupaten Kupang. “Harus bersatu untuk kita maju, baik dari tingkat pusat satu napas sampai ke daerah dan dari daerah juga satu napas sampai ke pusat. Sehingga apapun nanti presiden Prabowo dan wakil presiden Gibran mempunyai program, maka kita di provinsi dan kabupaten harus melaksanakan dan menyukseskan. Itu baru satu napas,” tegas Jerry.

Balon lainnya, Yosef Lede usai mendaftar ke DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Sabtu (20/4) kepada wartawan berharap, kedatangannya di Rumah Demokrat Kabupaten Kupang pintu Partai Demokrat bisa terbuka lebar menerima dan mengusungnya di pilkada Kabupaten Kupang, 27 November 2024 mendatang.

“Yang pasti, sebagai orang yang akan maju di dalam pencalonan bupati Kabupaten Kupang, saya datang dan bersilaturahmi sekaligus mengharapkan pintu terbuka selebar-lebarnya untuk saya bisa diusung melalui Partai Demokrat di pilkada Kabupaten Kupang,” harapnya.

Ia mempunyai keinginan dan kerinduan untuk menyatukan dua kekuatan dalam upaya membangun Kabupaten Kupang melalui Koalisi Indonesia Maju yang di dalamnya ada Partai Demokrat.

Sementara, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Neil Rondo menyambut baik pendaftaran yang dilakukan Yosef Lede sebagai balon bupati Kupang.

Winston menilai, Yosef Lede adalah tokoh muda dan petarung yang tidak pernah gagal. (ays)

Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati yang Telah Mendaftar ke Parpol

Balon bupati

  1. Jerry Manafe
  2. Korinus Masneno
  3. Messerasi Ataupah
  4. Yosef Lede

Balon wakil

  1. Selfester Banfatin (paket dengan Korinus Masneno)
  2. Otniel Bobsuni (didorong oleh Gerindra untuk disurvei Golkar)
  3. Elfrid Saneh (didorong oleh Demokrat untuk disurvei Golkar)
  4. Benyamin Padji Mamo (didorong oleh Demokrat untuk disurvei Golkar)

SUMBER: Olahan Timor Express

  • Bagikan