Pemkot Konsisten Tingkatkan Kualitas Pendidikan

  • Bagikan
EFRENDI NABEN/TIMEX SUASANA Suasana Rapat Paripurna LKPj Kota Kupang yang berlangsung di Aula Kantor DPRD Kota Kupang, Senin (22/4).

Pj Wali Kota Beberkan Capaian LKPj 2023

KUPANG, TIMEX.FAJAR,.CO.ID- Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) akhir Tahun Anggaran (TA) 2023. LKPj ini disampaikan saat rapat paripurna DPRD Kota Kupang di ruang Paripurna DPRD Kota Kupang pada Senin (22/4).

Dalam laporannya, Fahrensy Funay menyebutkan sejumlah capaian yang diraih Pemkot Kupang di tahun 2023 kemarin. Capaian-capaian itu diantaranya, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi 82,77 persen, naik 0,5 persen dari tahun sebelumnya yakni 86,91.

"Saya bangga menyampaikan bahwa IPM Kota Kupang tahun 2023 meningkat menjadi 82,77 persen. Ini melampaui pencapaian tahun sebelumnya," ungkap Fahrensy Funay.

Selain itu, Fahrensy Funay juga menyoroti perkembangan tingkat pendidikan dan kesehatan masyarakat. Capaian tingkat pendidikan di tahun 2023 sebesar 24,83 persen. Ini menunjukkan komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kota Kupang.

Dalam visi pembangunan Kota Kupang, Fahrensy menekankan pentingnya mewujudkan masyarakat yang berdaya saing.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan sumber daya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan," katanya.

Mengenai capaian tingkat inflasi, Fahrens menyatakan bahwa angka inflasi tahun 2023 sebesar 2,91 persen, menurun dari tahun sebelumnya yakni 4,18 persen dibanding tahun 2022 sebesar 7,07 persen.

"Meskipun terdapat penurunan, kita tetap fokus untuk menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Menyikapi penurunan tingkat pembangunan dari 8,65 persen atau turun sebesar 2,85 persen, menjadi 5,39 persen. Fahrensy menegaskan komitmen Pemerintah Kota Kupang untuk terus berupaya meningkatkan pembangunan secara berkelanjutan.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan tingkat pembangunan demi mencapai kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kota Kupang," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Fahrensy Funay juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan visi pembangunan Kota Kupang yang maju, adil, mandiri dan sejahtera.

"Kami mengundang seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama berkontribusi dalam pembangunan Kota Kupang," pungkasnya.

Sebagai penutup, Fahrensy Funay menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang telah berperan aktif dalam pembangunan Kota Kupang.

"Terima kasih atas dedikasi dan kerja keras semua pihak dalam mewujudkan kemajuan Kota Kupang," tutup Fahren. (cr3/gat)

  • Bagikan