Benahi Sistem dan Tata Kelola Sampah

  • Bagikan
EFRENDI NABEN/TIMEX ANGKUT SAMPAH. Personel kebersihan DLHK Kota Kupang saat mengangkut sampah pada salah satu TPS yang ada di Kelurahan Liliba belum lama ini.

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Ketua Komisi III DPRD Kota Kupang, Adrianus Talli menyatakan bahwa dukungan politik dan anggaran untuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) dalam penanganan sampah di Kota Kupang selalu menjadi prioritas dan mendapatkan dukungan penuh dari DPRD.

"DPRD Kota Kupang, selalu mendukung dalam hal penyiapan sarana prasarana dan penunjang bagi aparatur DLHK. Armada sampah, termasuk truk dan mobil penunjangnya, secara rutin diperbaharui setiap tahun," ujarnya.

Meskipun demikian, Adrianus menyatakan bahwa meskipun armada telah tersedia, operasional dan pemeliharaannya masih belum diatur dengan baik. Meskipun DLHK memiliki bengkel untuk pemeliharaan kendaraan, namun implementasinya terkesan kurang optimal. Hal ini menyebabkan kendaraan tersebut mudah rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

"Dalam hal volume sampah, baik pada hari biasa maupun hari libur, tidak terlalu berbeda. Karena itu, alasan kurangnya armada saat hari libur tidak dapat diterima karena mobil sampah beroperasi setiap hari," tambahnya.

Menurutnya, armada mobil sampah dan penunjangnya sudah mencukupi untuk mendukung pengangkutan sampah di keenam kecamatan di Kota Kupang. Namun, DLHK dapat mengevaluasi operasional mobil sampah, dengan mempertimbangkan penambahan trip di wilayah-wilayah tertentu.

"Pengawasan terhadap operasional mobil sampah juga membutuhkan perhatian serius. Selain itu, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan waktu yang ditentukan sangat penting agar sampah dapat terangkut dengan baik dan tidak menumpuk," tandasnya.

Sistem dan tata kelola pengelolaan sampah menjadi hal yang krusial. Perlu ada sistem dan tata kelola yang efektif agar dapat dievaluasi dengan baik. (cr3/gat)

  • Bagikan