Perkenalkan Destinasi Wisata dan Dongkrak Ekonomi Kerakayatan

  • Bagikan
Drs. Nikodemus N. Rihi Heke, M. Si

Pemkab Sabu Raijua Gelar Festival Niki Madja II 3-4 Mei 2024

PEMERINTAH Kabupaten Sabu Raijua dibawa kepemimpinan Bupati Drs. Nikodemus N. Rihi Heke, M. Si kembali menggelar Festival Niki Madja ke-2. Festival tahunan pariwisata ini rencananya akan digelar yang 3-4 Mei 2024 di Pulau Raijua.

Pada hari pertama pelaksanaan festival, para tamu akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata telah disiapkan seperti kunjungan ke Tapak Kaki Maja di Desa Kolorae, Kunjungan ke Kampung Adat Kerita Desa Bolua, Kunjungan ke Mercusuar di Pantai Santigi, Kunjungan ke Embung Lokale Desa Bollu dan Kunjungan ke Rumah Sakit Pratama. Pada malam harinya, Sabtu 4 Mei 2024, akan digelar acara hiburan di Halaman Kantor Camat Raijua dengan menampilkan tarian dari sejumlah sanggar seni yang ada. Adapun acara tersebut diisi dengan tarian kreasi baru, penampilan Namone/Naweni Promosi Pariwisata Sabu Raijua, Fashion show Bisana Adat Daerah Sabu dan Tarian kerasi Baru.

Pada hari kedua pelaksanaan festival tanggal 4 Mei 2024, para tamu undangan akan dibawa keliling Pulau Raijua untuk mengujungi destinasi wisata. Antara lain kunjungan ke Kampung Adat Udju Dima dan Kunjungan obyek wisata Sumur Maja. Sedangkan malam penutuhan Sabtu 4 Mei 2024, akan digelar maham hiburan sebagai penutupan Festival Niki Madja ke-2. Acara ini diisi dengan Fashion show adat daerah, Penampilan Putra/Putri Pariwisata Tahun 2017 Peromosi Pariwisata Sabu Raijua, Padoa Massal dan penampilan sejumlah bintang tamu.

Dalam perbincangannya dengan Timor Express di Kupang, Bupati Sabu Raijua mengungkapkan, pihaknya sejak lima tahun terakhir concern untuk memajukan sektor pariwisata di daerah itu. Sebab, katanya, sektor pariwisata telah ditetapkan sebagai primemover atau penggerak umata bagi sektor lainnya.

“Kabupaten Sabu Raijua memiliki sejumlah destinasi pariwisata alami yang sampai sekarang masih sangat terjaga keasliannya. Seperti wisata alam, wisata Pantai, kampung adat dan masig banyak lagi destinasi pariwisata,” ungkap orang nomor satu di Sabu ini.

Dikatakan lagi, sejumlah destinasi wisata yang ada di Sabu Raijua telah diikutserakan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) dan memperoleh juara pertama dan kedua. Diantaranya adalah bukit warna-warni Kelabba Madja yang keindahannya cukup terkenal di dunia. Selain itu ada Goa Mabala, sebuah rongga bawah tanah, dengan suatu celah diatasnya sehingga pada siang hari sebagian dari gua mendapat penerangan alami yang indah.

Selanjutnya, desa adat Namata, Dimana wisatawan dapat merasakan suasana desa adat yang berhiaskan batu-batu bulat berukuran besar yang konon diangkat dari dasar laut dengan kekuatan gaib.
Untuk itulah, lanjut mantan Wakil Bupati Sabu Raijua, Pemerintah setiap tahunnya menggelar sejumlah festival pariwisata. Selain Festival Niki Madja, Pemkab Sabu Raijua memiliki satu festival wisata lainnya yakni Festival Kelabba Madja yang digelar setiap bulan Oktober-November.

“Festival Pariwisata yang kita gelar setiap tahun ini selain untuk memperkenalkan destinasi pariwisata yang ada, juga karena sektor pariwisata merupakan program unggulan dan penggerak utama bagi sektor lainnya,” tambah dia.

Selain untuk mengenalkan destinasi pariwisata yang ada, festival yang digelar tiap tahun juga merupakan pesta rakyat yang diikuti seluruh Masyarakat Sabu Raijua. Dengan keterlibatan seluruh Masyarakat Sabu Raijua maka dengan sendirinya akan meningkan ekonomi pariwisata di Sabu Raijua.

“Kegiatan festival ini memiliki dampak positif bagi perkembangan ekonomi rakyat Sabu Raijua. Bisa dibayangkan betapa ekonomi bertumbuh dari kegiatan ini. Mulai dari kuliner, jasa transportasi ojek, hunian hotel dan home stay dan sebagainya. Dampaknya sangat besar bagi ekonomi kerakyatan kita Masyarakat Sabu Raijua,” ujarnya.

Dalam Festival Niki Madja ke-2 Tahun 2024, Pemkab Sabu Raijua mengharapkan adanya kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan domestic terutama diaspora Sabu Raijua di mana saja berada. Karena selama ini, Pemkab Sabu Raijua melalui Dinas Pariwisata gencar mempromosikan festival-festival wisata di Sabu Raijua. Selain itu, katanya lagi, Pemkab Sabu Raijua juga mengundang para bupati se-NTT untuk datang menikmati destinasi wisata alami yang ada di Sabu Raijua.(*/yl)

  • Bagikan