Prodi BK Undana Raih Akreditasi Unggul

  • Bagikan
IST. PERTEMUAN. Rektor Undana, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc pertemuan bersama jajaran, Rabu (24/4)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Setelah empat Program Studi (Prodi) menyabet akreditasi Internasional, prestasi membanggakan kembali ditorehkan salah satu prodi di Universitas Nusa Cendana (Undana), yakni Prodi Bimbingan Konseling (BK) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Pasalnya, Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LEMDIK) melalui Keputusan Nomor: 347/SK/LAMDIK/Ak/S/III/2024 menetapkan peringkat akreditasi “UNGGUL” dengan nilai 367.

Rektor Undana, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc menyampaikan apresiasi atas capaian Prodi BK, yang berhasil meraih akreditasi unggul.

“Kita bersyukur, ini tidak kebetulan, tetapi semuanya atas kehendak Tuhan,” ujar Prof. Maxs Sanam saat didampingi jajarannya ketika melakukan tatap muka dengan jajaran dosen Prodi BK di Kampus II Undana, Rabu (24/4).

Dibalik capaian itu, kata Rektor Undana, ada tuntutan masyarakat, khususnya mahasiswa agar pelayanan yang dilakukan bisa semakin baik.

“Kita harus buktikan kepada masyarakat luas bahwa kita layak mendapat akreditasi unggul. Ada hal-hal yang kurang, kita tentu akan benahi menjadi lebih baik. Sehingga pada saatnya, kita akan dorong untuk akreditasi internasional,” beber Prof. Maxs Sanam.

Ia menambahkan, Prodi BK perlu menjadi motivator dan inspirator bagi Prodi lain untuk meningkatkan status akreditasi.

Rektor Prof. Maxs dan jajarannya memastikan akan menjawab sesuai dengan kebutuhan prioritas, seperti bantuan Tridarma sebesar Rp 250 juta, serta kebutuhan urgen lainnya.

Dengan begitu, Prodi BK bisa semakin diminati masyarakat khususnya calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar nanti.

Sedangkan, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. drh. Annytha Ina Rohi Detha, M.Si pada kesempatan itu ikut mengapresiasinya terhadap akreditasi unggul Prodi BK.

“Saya sangat mengapresiasi, karena dari sekian Prodi yang ada, Prodi BK bisa meraih akreditasi unggul,” ujarnya.

“Ini merupakan kebahagiaan tersendiri, tetapi dibalik akreditasi unggul ini, pelayanan kepada mahasiswa tentu saja harus berbeda dari sebelumnya,” sambung Prof. Annytha Detha.

Ketua Prodi BK FKIP, Andriani P. Nalle, S.Psi., M.Ed (CPEP) menjelaskan bahwa kegiatan asesmen lapangan Prodi BK, sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 1-2 Maret 2024.

Tim asesor yaitu Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., M.Pd dan Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd., Kons. “Akreditasi unggul tersebut mulai berlaku sejak 17 April 2024 hingga 17 April 2029,” pungkasnya. (cr6/thi)

  • Bagikan