Hermanus Man: Penting Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

  • Bagikan
Hermanus Man

KUPANG,TIMEX.FAJAR.CO.ID-Kota Kupang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-138 dan Hari Jadi Ke-28 sebagai Daerah Otonomi dengan penuh kegembiraan, tanggal 25 April 2024. Momentum HUT dan Hari Jadi ini ditandai dengan upacara bendera di Lapangan Upacara Kantor Wali Kota Kupang dipimpin Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay yang menandai awal perayaan yang meriah ini.

Menyambut momen bersejarah ini, Mantan Wakil Wali Kota Kupang periode 2012–2017 dan 2017–2022, Hermanus Man yang hadir pada perayaan tersebut, memberikan pandangan pentingnya pada tiga aspek pembangunan di Kota Kupang. Hermanus menyebutkan infrastruktur, pelayanan publik dan pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai kunci penting bagi kemajuan Kota Kupang.

Menyoroti aspek pemberdayaan, Hermanus menggarisbawahi pentingnya pembangunan ekonomi rakyat sebagai indikator utama kesuksesan pembangunan.

"Kota ini hanya bisa maju jika ekonomi rakyat diperhatikan," ujarnya.

Dalam konteks ini, Hermanus menegaskan perlunya pemimpin yang visioner untuk mengelola infrastruktur ekonomi dan memberdayakan masyarakat secara menyeluruh.

"Seorang pemimpin harus mampu memimpin dengan visi ke depan untuk memajukan ekonomi rakyat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Hermanus menyoroti pentingnya investasi dalam pembangunan ekonomi, termasuk pengembangan modal dan peningkatan keterampilan. Ia memberi contoh tentang bagaimana modal dan keterampilan dapat membantu pengusaha lokal berkembang secara signifikan dalam waktu singkat.

"Saatnya untuk memperhatikan aspek keterampilan dan mentalitas pengusaha. Pemerintah harus berperan aktif dalam memberdayakan masyarakat dan menyediakan dukungan yang diperlukan untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," pungkasnya.

Dalam menjalankan tugasnya, kata dia, pemerintah perlu bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pelaku usaha dari berbagai daerah. Hermanus menyatakan keyakinannya bahwa banyak pihak yang bersedia untuk membantu, selama pemerintah dapat mengkoordinasikan dan menggerakkan mereka secara efektif.

"Pemerintah harus menghargai kontribusi dan jerih payah para pelaku usaha lokal. Ketika pemerintah dan masyarakat saling bekerja sama, kemajuan ekonomi yang inklusif dapat tercapai dengan lebih baik," tutupnya.

Perayaan HUT Kota Kupang tidak hanya menjadi momen untuk merayakan prestasi masa lalu, tetapi juga sebagai panggung untuk merenungkan arah masa depan dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mewujudkan visi pembangunan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Kota Kupang. (cr3/gat)

  • Bagikan