Pelajar SMA-SMK di Daratan Flores Bertanding di Unika Ruteng

  • Bagikan
IST. BERI ARAHAN. Rektor Unika St. Paulus Ruteng, pada saat membuka turnamen olah raga bola sepak dan bola voly di Ruteng, Sabtu (20/4)

RUTENG,TIMEX.FAJAR.CO.ID- Universitas Katolik (Unika) St. Paulus Ruteng, Kabupaten Manggarai, menyelenggarakan turnamen pertandingan olah raga sepak bola dan bola Voly. Peserta pelajar dari lembaga pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di daratan Flores.

Turnamen dalam rangka Dies Natalis ke-65 Unika St. Paulus Ruteng telah dibuka oleh Rektor, Dr. Maksimus Regus, Sabtu (20/4), dan berlangsung di lapangan milik Kampus Unika St. Paulus Ruteng, Kecamatan Langke Rembong. Kegiatan ini erat kaitannya dengan visi lembaga tersebut, yakni menjadi komunitas akademik yang transformatif, kolaboratif, dan berkarakter.

"Turnamen ini mencerminkan semangat transformatif kami untuk menginspirasi perubahan positif dalam komunitas. Kami berupaya membangun karakter dan kepemimpinan yang tangguh pada generasi muda," ujar Rektor Maksimus yang ditemui media ini, Kamis (25/4).

Dia mengatakan, bahwa berkompetisi dengan semangat sportivitas dan kerjasama tim, akan membantu peserta mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang esensial dalam kehidupan mereka. Turnamen yang diselenggarkan oleh pihaknya itu, mendorong kolaborasi di antara sekolah-sekolah dan stakeholder lainnya di daratan Flores.

"Kolaborasi adalah kunci bagi kami untuk menciptakan dampak yang lebih besar dalam masyarakat. Melalui ajang ini, kami memperkuat jaringan kerjasama yang akan berdampak positif dalam berbagai aspek. Tidak hanya dalam bidang olahraga, tetapi juga dalam pengembangan akademik dan sosial," jelas Rektor Maksimus.

Dia menjelaskan, turnamen olah raga ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Unika St. Paulus Ruteng,ke-65 yang jatuh pada 20 Mei 2024. Tujuan lain terselenggaranya kegiatan olah raga, untuk menegaskan nilai-nilai karakter yang dianut sebagai universitas. Kedisiplinan, integritas, dan semangat juang adalah aspek-aspek karakter yang didorong dalam pendidikan Unika St. Paulus Ruteng.

Kata Rektor Maksimus, pada setiap pertandingan, peserta diajarkan untuk menghargai aturan, menghormati lawan, dan menerima hasil dengan sikap sportif. Semua itu bagian integral dari pendidikan karakter yang ditawarkan dalam lembaga universitas yang dipimpinnya itu.

Tentu dengan kesuksesan turnamen itu, berharap agar semangat kompetitif dan kolaboratif yang telah terbangun dapat terus berlanjut. Pihak Universitas ingin menginspirasi generasi muda Flores, untuk menjadi pemimpin masa depan yang tidak hanya berprestasi secara akademis, tetapi juga memiliki integritas, empati, dan semangat pelayanan kepada masyarakat.

Rektor Maksimus juga mengapresiasi yang tulus kepada semua pihak yang terlibat dalam terselenggaranya turnamen itu, termasuk panitia penyelenggara, guru pembimbing, orang tua siswa, dan tentu saja para peserta. Selain turnamen olah raga, juga diselenggarakan lomba paduan suara, lomba vokal group, lomba torok dalam adat Manggarai.

"Kepada seluruh peserta, saya sampaikan selamat atas semangat dan dedikasi yang telah ditunjukkan. Mari terus berjuang untuk masa depan yang lebih baik, berlandaskan nilai-nilai kebersamaan, dan pengembangan pribadi yang holistik. Terima kasih atas kontribusi dan dukungan semua pihak dalam mewujudkan visi kami," ungkapnya, (kr1/thi)

  • Bagikan