RSU Mamami Dekatkan Pelayanan Kesehatan ke Masyarakat,Sambut HUT ke-20 dengan Gelar Baksos

  • Bagikan
FENTI ANIN/TIMEX PERIKSA KESEHATAN. Salah satu dokter dari RSU Mamami melakukan pemeriksaan kesehatan salah satu pasien di Desa Otan Semau pada kegiatan baksos, Sabtu (6/7).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20, Rumah Sakit Umum (RSU) Mamami, tepatnya 28 Agustus nanti, manajemen RSU Mamami menggelar bakti sosial (Baksos). Baksos yang digelar ini hingga ke Pulau Semau, tepatnya di Desa Otan.

Baksos ini diikuti oleh 250 warga Desa Otan dan mereka menerima pelayanan kesehatan dari berbagai tenaga kesehatan yang diturunkan manajemen RSU Mamami, Sabtu (6/7).

Terbilang, lengkap formasi dokter spesialis yang hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan itu. Hal ini senagai upaya untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

Mulai dari dokter THT, dokter penyakit dalam, dokter spesialis bedah, dokter gigi, dokter umum dan tenaga medis lainnya.

Ketua Yayasan RSU Mamami, Reinheart Damanik mengatakan, di usia ke-20 tahun, RSU Mamami bisa terus memberikan pelayanan maksimal dan profesional untuk masyarakat Kota Kupang.

"Dengan meningkatnya tipe RSU Mamami dari tipe D ke tipe C, tentunya dengan menambah jenis pelayanan kesehatan dengan penambahan jumlah dokter spesialis dan penambahan tempat tidur. Mudah-mudahan jumlah pasien yang datang untuk mendapatkan pelayanan bisa kita terima semuanya," katanya di sela kegiatan baksos tersebut.

Di usia ke-20 ini juga dirinya berharap agat RSU Mamami dan pemerintah bisa bersinergi demi pelayanan terbaik untuk masyarakat di bidang kesehatan.

"Kita juga butuh untuk disupport oleh pemerintah, bagaimana pihak swasta dan pemerintah bersinergi untuk bagaimana kita memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," jelasnya.

Artinya, kata dia, pemerintah sebagai pemegang regulasi dan pendanaan BPJS Kesehatan bisa dilancarkan dan dipermudah karena semua tujuannya adalah memberikan layanan terbaik untuk masyarakat.

Sementara Panitia Baksos HUT ke-20 RSU Mamami, dr. Michael Alexander Damanik, Sp. THT., B.K.L. mengatakan, untuk perayaan HUT tahun ini, RSU Mamami melakukan sebanyak empat kali baksos yang dilakukan di empat lokasi, salah satunya di Desa Otan, Kabupaten Kupang.

dr. Michael menjelaskan, sebelumnya sudah dilakukan baksos di Desa Manusak di daerah Naibobat. Kemudian, baksos kedua di Panti Asuhan GMIT 221 Kota Kupang dan yang ketiga di Desa Otan.

"Sesuai agenda, kegiatan baksos yang terakhir nanti dilakukan di Desa Tabalolong, Kabupaten Kupang pada 17 Agustus nanti sekaligus memperingati hari Kemerdekaan Indonesia," kata dr. Michael.

Dalam baksosnya di Desa Otan, RSU Mamami memberikan pelayanan kesehatan gratis dengan membawa serta peralatan dan dokter spesialis berbagai bidang. Mulai dari dokter spesialis penyakit dalam, obgyn, urologi, bedah dan dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT) dengan bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan Bedah Kepala Leher Indonesia (Perhati-KL) Cabang Bali-NTT,

"Dokter spesialis obgyn, kita bawa juga alat USG-nya. Jadi, ibu-ibu bisa USG di baksos ini. Umtuk dokter urology juga kita bawa alat USG. Ada juga pemeriksaan laboratorium sederhana dan ada dokter gigi yang juga memeriksa kesehatan gigi warga setempat," katanya.

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Puskesmas Uitao untuk mengambil bagian dalam baksos.

"Kita pilih baksos di Pulau Semau karena dari hasil survey, akses fasilitas kesehatan yang masih agak sulit dijangkau masyarakat. Di sini jumlah puskesmasnya sedikit jarak antar puskesmas juga jauh, namun jumlah warga banyak," ujarnya.

dr. Michael Damanik berharap agar RSU Mamami ke depan mampu melakukan baksos di kabupaten-kabupaten di NTT yang warganya masih kesulitan mengakses fasilitas kesehatan.

Selain menggelar pelayanan kesehatan gratis, RSU Mamami juga menyerahkan bantuan peralatan untuk Kantor Desa Otan dan Puskesmas Uitao.

"Untuk kantor desa kita serahkan tandon air 1.200 liter dan untuk puskesmas kita serahkan dua buah tempat tidur," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Otan, Yapi Rolet Holbalanmengaku sangat antusias dengan baksos yang digelar RSU Mamami Kupang.

"Kegiatan ini yang pertama buat warga Desa Otan dan kami sangat bangga. Ini luar biasa dan masyarakat menyambut baik," ujarnya.

Dirinya mengatakan dengan fasilitas yang dibawa dan dokter yang ikut dalam baksos ini, pemerintah dan masyarakat Desa Otan menyampaikan terima kasih kepada RSU Mamami Kupang.

"Terima kasih dan biarlah rumah sakit ini beserta dokter dan segala fasilitasnya diberkati oleh Tuhan," pungkasnya.

Kegiatan Baksos RSU Mamami Kupang juga dihadiri oleh Pembina Yayasan RSU Mamami Kupang, Rolina Butar Butar dan Ketua Dewan Pengawas RSU Mamami, Bobby Damanik. (thi/gat/dek)

  • Bagikan