4 Wilayah Status Siaga, 13 Daerah di NTT Berstatus Waspada Hujan Lebat

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas II El Tari Kupang, menyampaikan kondisi cuaca berbasis hujan lebat di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hasil prakirawan cuaca menyatakan, pada tanggal 20 Januari 2022 pukul 07.00 Wita sampai 21 Januari 2022 pukul 07.00 Wita.

Kepala Stasiun Meteorologi Klas II El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, kepada TIMEX, Rabu (19/1) menjelaskan bahwa sebanyak empat wilayah di NTT berstatus siaga hujan lebat, yakni Kota Kupang, Kabupaten Belu, Manggarai Barat, dan Kabupaten Kupang.

Sementara 13 wilayah yang berstatus waspada yakni Kabupaten Rote Ndao, Sabu Raijua, Ngada, Malaka, Sumba Tengah, Flores Timur, Timor Tengah Selatan (TTS), Alor, Manggarai, Nagekeo, Timor Tengah Utara (TTU), Sumba Timur dan Kabupaten Sikka.

Dengan fenomena cuaca seperti ini, Agung mengimbau kepada masyarakat agar jangan melintas pada jembatan yang rendah. Selain itu berpotensi terjadi tanah longsor, guguran bebatuan, atau erosi tanah dalam skala menengah.

“Aliran sungai meningkat dan aliran banjir berbahaya sehingga mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah,” jelasnya.

Dirinya mengimbau masyarakat agar berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah. Kemudian memperbarui informasi melalui media massa ataupun media sosial dan mencari informasi terkait kebenarannya. “Tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan,” pungkasnya. (r1)

  • Bagikan