Kapolri Copot Kapolda Jatim, Teddy Minahasa Jadi Pengganti

  • Bagikan
Kapolri, Jend. Pol. Listyo Sigit Prabowo. (FOTO: JawaPos.com)

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengambil keputusan mengganti Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur (Jatim) yang selama ini dijabat Irjen Pol. Nico Afinta.

Sebagai penggantinya, Kapolri menunjuk Irjen Pol. Teddy Minahasa sebagai Kapolda Jatim. Irjen Teddy sendiri sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat (Sumbar).

Berdasarkan data dari Telegram Kapolri yang diperoleh JawaPos.com, Irjen Nico dimutasi menjadi Staf Ahli Sosial Budaya (Sahlisosbud) Kapolri. Pencopotan Nico berdasarkan Telegram Kapolri Nomor ST/2134/X/KEP/2022.

Irjen Teddy sendiri bukan orang baru di lingkungan Polda Jatim. Terddy sebelumnya juga merupakan mantan Kapolres Malang Kota pada 2011 lalu. Dia juga pernah menjadi Staf Ahli Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Sebelumnya, sosok Nico menjadi perhatian publik buntut Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022. Tragedi itu dipicu oleh tindakan oknum anggota Polri yang ikut mengamankan laga Liga 1 antara Arema FC versus Persebaya Surabaya. Tragedi itu bermula ada reaksi dari suporter atas hasil pertandingan. Hanya saja, aparat kepolisian dalam pengamanan itu membuat tindakan dengan menembakkan gas air mata ke arah tribun.

Atas tragedi di Stadion Kanjuruhan terdapat 131 korban jiwa. Diduga mereka terkena dampak tembakan gas air mata. Atas peristiwa tersebut, Kapolri langsung turun ke lokasi kejadian untuk memastikan penyebab jatuhnya ratusan korban dalam musibah itu. (jpc/jpg)

  • Bagikan