Peduli Kemanusiaan, PLN Gandeng PMI Gelar Aksi Donor Darah

  • Bagikan
PEDULI KEMANUSIAAN. PT PLN (Persero) UIW NTT menggelar aksi donor darah memperingati Bulan K3 Nasional berkolaborasi dengan PMI, bertempat di kantor PLN UIW NTT, Jumat (10/2). (FOTO: ISTIMEWA)

Peringati Bulan K3 Nasional

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur (NTT) memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional dengan aksi peduli kemanusian. Menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI), PLN lakukan aksi donor darah di kantor PLN UIW NTT, Jumat (10/2).

Bulan K3 Nasional yang diperingati setiap tahun pada periode tanggal 12 Januari - 12 Februari itu selalu diisi dengan sejumlah kegiatan. Seperti peringatan tahun ini, tema Bulan K3 Nasional adalah Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Tempat Kerja.

Ketua Pengurus PMI Kabupaten Sikka, Gervatius Portasius Mude, SH., MM, mengatakan, saat ini masih terjadi kekurangan ketersediaan darah pada tiga rumah sakit di wilayah Kabupaten Sikka, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) T. C. Hillers, RS St. Gabrilel Kewapante, dan RS St. Elisabeth Lela.

“Ketersediaan darah di rumah sakit sangat dibutuhkan untuk mendukung pengobatan pasien yang memerlukan darah sehingga mempercepat proses perawatan. Kami menyampaikan terima kasih atas wujud kepedulian PLN melakukan aksi kemanusiaan melalui kegiatan donor darah hari ini. Semoga kegiatan hari ini memberi manfaat bagi kita semua, baik pendonor maupun penerima darah,” tutur Gervatius dalam keterangan tertulis Humas PLN UIW NTT, Jumat (10/2).

Menurut Gervatius, dengan melakukan donor darah maka memberi manfaat bagi pendonor. Diantaranya dapat mengetahui kondisi kesehatan seperti tekanan darah, HB, dan lainnya serta mendeteksi penyakit yang mungkin diderita oleh calon pendonor. Dengan demikian, pendonor mengetahui kondisi kesehatan saat ini. Bila sehat akan melakukan donor darah, tetapi bila tidak sehat maka perlu melakukan perawatan kesehatan.

Gervatius berharap, dilain waktu pendonor bisa bergabung dalam aksi kemanusiaan donor darah. Selain itu juga terjadi regenerasi darah sehingga pendonor lebih sehat. "Semoga aksi kemanusiaan yang dilakukan ini berkelanjutan, sehingga menjadi kebiasaan baik yang memberi manfaat bagi kita semua," kata Gervatius.

Sementara itu, General Manager PLN UIW NTT, Fintje Lumembang menyampaikan bahwa pihaknya hadir di tengah-tengah masyarakat tidak hanya menyediakan energi listrik untuk mendukung aktivitas masyarakat, tetapi juga melalui aktivitas lainnya seperti aksi kemanusiaan donor darah ini.

Menurut Fintje, PLN UIW NTT melaksanakan kegiatan donor darah ini, tidak saja di kantor wilayah namun juga serentak di seluruh unit lainnya, seperti PLN UPK Flores berkolaborasi dengan PMI Sikka yang dilaksanakan di Kantor PLN UPK Flores di Wairita, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka.

Fintje menambahkan, kegiatan donor darah ini merupakan wujud upaya PLN bersama Pemerintah dan masyarakat yang ada di sekitar aset PLN untuk membantu atau menolong masyarakat yang sedang menjalani perawatan kesehatan dan membutuhkan darah. "Semoga kegiatan hari ini memberi manfaat bagi pendonor, tim yang memfasilitasi dan masyarakat yang akan donor darah hari ini," harap Fintje.

Salah satu peserta donor, Barto Manurung, warga Kelurahan Geliting, Kecamatan Kewapante Kabupaten Sikka, mengaku sangat senang bisa bergabung dalam aksi kemanusiaan di PLN. “Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kita menolong sesama yang membutuhkan darah untuk perawatan kesehatannya. Semoga darah yang kita donorkan hari ini bermanfaat bagi yang membutuhkan dan kegiatan donor darah menjadi kebiasaan bagi kita semua berbagi kebaikan membantu sesama,” kata Barto.

Hal senada juga dikemukaka Ibu Ina, warga Kelurahan Bakunase 2, Kota Kupang. Bagi Ibu Ina, kegiatan donor ini dia lakukan karena sudah menjadi sebuah kebiasaan.

"Kegiatan ini bagus karena memang sudah biasa donor dan senang aksi ini bisa membantu orang lain. Kita tahu bahwa cari darah susah jadi sekarang ada kesempatan digunakan untuk mendonor," katanya. (*/aln)

  • Bagikan