Perumda Tirta Komodo Gesit Atas Keluhan Pelangan, Direktur: Komitmen Pelayanan Prima

  • Bagikan
Dirut Perumda Tirta Komodo Ruteng, Marsel Sudirman. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

RUTENG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Perusahan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Komodo Ruteng, Kabupaten Manggarai, semakin gesit dalam merespon semua keluhan pelanggan. Perusahan yang langsung melayani kebutuhan vital ini tidak hanya sediakan loket pengaduan di kantor, tapi juga layanan online melalui pesan WhatsApp (WA).

"Kami sebagai pelanggan merasa senang dan terbantu dengan pelayanan ini. Buktinya selama ini, begitu ada keluhan air macet, petugas dari Perumda Tirta Komodo cepat respon dan langsung tindaklanjuti," ungkap Hugen, salah satu pelanggan dalam Kota Ruteng, Kelurahan Tadong, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, kepada media ini, Jumat (30/6).

Hugen sendiri sudah pernah mengalami peristiwa air macet di rumahnya. Terhadap soal itu, dirinya pun langsung menyampaikan ke pihak Perumda melalui WA.

Hugen tak menyangka, dalam hitungan menit petugas mendatangi rumahnya, dan langsung memperbaiki jaringan pipa air yang ada. Masalah selesai dan air kembali mengalir. Petugas juga tidak meminta jasa perbaikan.

"Pelayanan seperti ini, tentu menjadi kepuasan bagi kami sebagai pelanggan, dan saya sendiri sudah merasakan hal ini kemarin. Artinya mereka selalu sigap dalam mengatasi keluhan pelanggan dan saya sangat bangga. Jadi untuk pelanggan lain, kalau ada masalah air macet, segera lapor atau sampaikan ke kantor atau petugas melalui WA saja," tutur Hugen.

Hal senada diungkapkan Blasius, warga Kelurahan Bangka Nekang yang mengaku bangga dengan pelayanan Perumda Tirta Komodo. Salah satu soal yang pernah dialami Blasius, air tidak mengalir. Setelah melaporkan soal itu ke pihak Perumda melalui HP, dalam hitungan yang tidak lama, petugas langsung datang dan menyelesaikan soal yang ada. 

"Saya senang sekarang, petugas Perumda itu begitu cepat merespon keluhan kita sebagai pelanggan. Petugas yang datang juga tidak minta untuk dibayar, justru mereka sampaikan terima kasih karena kita langsung melaporkan masalah ke Perumda. Jadi saya pribadi memberikan apresiasi atas pelayanan seperti ini," ungkap Blasius.

Terpisah Direktur Perumda Tirta Komodo Ruteng, Marsel Sudirman, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk selalu sigap dalam setiap persoalan pelanggan air minum di wilayah itu. Dimana dalam pelayananya, Perumda tetap mengedepankan pelayanan prima kepada masyarakat atau pelanggan. Asalkan saja, pelanggan harus langsung menginformasi atau melaporkan ke kantor atau paling mudah lewat HP.

"Kalau air mengalami kemacetan atau persoalan jaringan pipa, dimohon untuk segera dilaporkan ke petugas kita. Bisa kontak langsung petugas di lapangan atau kontak ke kantor. Juga kalau keluhan lain, bisa masukan di kotak pengaduan. Dijamin itu langsung direspon atau pasti ada pelayanan untuk mengatasi persoalan yang terjadi,” kata Marsel. 

Dikatakan, selama ini begitu adanya keluhan dari pelanggan, pihaknya langsung merespon. Jika ada terjadi pipa bocor atau air tidak mengalir ke meteran pelanggan, petugas langsung mengatasinya.

Terkait pengakuan pelanggan terhadap pelayanan Perumda, menurut Marsel, itu merupakan bentuk kepuasan atau ungkapan hati nurani terhadap kinerja pelayanan Perumda Tirta Komodo. 

“Saya menyampaikan apresiasi karena berani mengatakan hal itu kepada publik Manggarai. Tentu yang pasti, kami dapat mengelola pengaduan lebih efektif agar keluhan masyarakat mengenai distribusi air bisa cepat direspon. Apalagi yang kami layani ini soal kebutuhan vital masyarakat," tegas Marsel. (*)

Penulis: Fansi Runggat

  • Bagikan