Dari Australia Lanjut Afrika, Ini yang akan Bobby Lianto Lakukan di Ghana

  • Bagikan
MENUJU GHANA. International Youth Coordinator FGBMFI Asia Pacific, Bobby Lianto (kanan) bersama National President FGBMFI Indonesia, Dalie Sutanto berada dalam pesawat Ethiopian Airlines yang bersiap terbang dari Jakarta menuju Accra, Ghana, Selasa (11/7) malam. (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Bobby Lianto, MBA baru saja kembali dari Australia dalam rombongan kunjungan bilateral Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) ke Sydney.

Di Benua Kanguru itu, Bobby melakukan penandatanganan kerjasama dengan investor Australia dalam usaha pengembangan produk-produk unggulan NTT, baik dibidang pertanian, peternakan, juga pendidikan.

Hanya berselang beberapa hari, Bobby malam ini (11/7) kembali bertolak ke luar negeri, tepatnya ke Ghana. Di Benua Afrika itu, Bobby yang adalah International Youth Coordinator Full Gospel Business Men’s Fellowship International (FGBMFI) untuk Asia Pacific itu, diundang menjadi salah satu pembicara dalam World Convention Youth Forum yang dilaksanakan di Accra, ibukota Ghana.

Dalam perjalanan ke Ghana tersebut, terdapat tujuh delegasi Indonesia yang tergabung dalam National President FGBMFI Indonesia, yaitu Dalie Sutanto, Anthony Putihray, Lukkas Anggono, Adam Tedja bersama ibu Helen Tedja, dan Adrian Kristanto.

"Dapat saya jelaskan bahwa FGBMFI ini merupakan perkumpulan pengusaha Kristen/Katolik Interdenominasi terbesar di dunia. Bertepatan dengan adanya konvensi dunia di Ghana, saya diundang sebagai salah satu pembicara di forum itu. Kami dari Indonesia ada tujuh delegasi termasuk saya, kami akan menghadiri acara World Convention FGBMFI di Accra, Ghana pada 12 – 15 Juli 2023," kata Bobby Lianto kepada media ini, Selasa (11/7) malam.

Bobby mengatakan, selain menjadi pembicara di Youth Forum World Convention tersebut, ia akan memanfaatkan kunjungannya untuk melihat langsung perkebunan kakao dan proses pembuatan coklat di Ghana.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa Ghana terkenal sebagai negara penghasil ekspor kakao terbesar kedua di dunia setelah Pantai Gading. Sebagai salah satu pengusaha kakao di NTT dengan produksi Ghaura Coklat, saya akan manfaatkan kunjungan ini untuk melihat langsung sekaligus belajar bagaimana pengelolaan perkebunan dan pembuatan coklat di negara tersebut," ungkap pengusaha muda NTT bertalenta ini.

Seperti biasa dalam perjalanannya ke luar NTT, Bobby selalu membawa serta produk-produk unggulan Bumi Flobamora untuk dipasarkan atau dipamerkan di lokasi ia tuju. Untuk itu, dalam perjalanannya kali ini, Bobby mengagendakan perjalanannya ke beberapa negara di Benua Afrika itu, seperti Togo, Benin, dan Kota Lagos di Nigeria.

Bobby Lianto menyebutkan, ia akan bertemu Konsul Kehormatan disetiap negara yang didatangi dan juga International Trade Promotion Center (ITCP) Lagos di Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Lagos, Nigeria. "Nanti di Lagos, saya juga akan mengunjungi Gereja Terluas di dunia yang viral di YouTube dengan luas 3 Km2," kata Bobby yang menyebut, dirinya berangkat dari Jakarta, Selasa (11/7) malam menumpang pesawat Ethiopian Airlines dengan menyinggahi Bangkok, Thailand, Adis Ababa di Ethiopia, dan tiba di Accra, Ghana pada Rabu (12/7) siang hari waktu setempat. (aln)

  • Bagikan