Bank NTT Siapkan Dana Bantu Masyarakat Manggarai untuk Program Air Minum

  • Bagikan
Staf Analis Mikro Bank NTT, Alphonsus Wahyu Rodriquez memberi sosialisasi dengan sejumlah pegawai Perumda Air Minum Tirta Komodo, Selasa (18/7). (FOTO: ISTIMEWA)

RUTENG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Bank NTT Cabang Ruteng, siap mendanai pembiayaan penyediaan air minum dalam bentuk sambungan rumah (SR) warga masyarakat di Kabupaten Manggarai. Dalam mengurus hajat hidup banyak orang ini, Bank NTT akan berkolaborasi dengan Perumda Air Minum Tirta Komodo Ruteng.

"Tahun ini kita dari Bank NTT telah luncur program kredit Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Nanti kerja sama dengan Perumda Tirta Komodo untuk bantu biaya SR air bersih bagi seluruh penduduk di kabupaten Manggarai," ujar Kepala Bank NTT Cabang Ruteng, Romi Radjalangu, di Ruteng, Selasa (18/7).

Lanjut Romi, program ini sasaranya menolong masyarakat yang belum memiliki sambungan rumah. Momen ini menunjukkan bahwa Bank NTT turut berkontribusi terhadap pembangunan di NTT serta memperhatikan kebutuhan dan hajat hidup banyak orang melalui pemenuhan air bersih. Tentu pihaknya, telah lakukan sosialisasi dengan Perumda untuk bagimana pelaksanaanya.

"Di sni kita membuka peluang bagi masyarakat di seluruh kabupaten Manggarai untuk memanfatkan pembiayaan program air bersih. Kita juga tidak mematok target, intinya agar semua masyarakat Manggarai, baik di kota dan desa, bisa memiliki sarana SR air minum bersih," bilang Romi.

Staf Analis Mikro Bank NTT Cabang Ruteng, Alphonsus Wahyu Rodriques, menambahkan, lewat program ini, Bank NTT menyediakan fasilitas pinjaman kepada masyarakat yang kekurangan dana untuk penyediaan jaringan air bersih. Bank NTT siap menyediakan modal melalui skim kredit merdeka, tanpa angunan dan bunga nol persen. Sehingga maksimal pinjaman Rp 5 juta dengan jangka waktunya maksimal dua tahun.

"Gambaran awalnya, kita sudah sosilisasi dengan pihak Perumda Air Tirta Komodo. Prosesnya nanti, masyarakat ke Perumda dulu, setelah itu baru nanti pihak Perumda yang ke Bank NTT. Tapi pada saat penandatanganan akad kredit, harus konsumen atau nasabah itu sendiri yang ke Bank. Untuk modalnya nanti kita langsung serahkan ke Perumda," kata Wahyu.

Dia juga meminta masyarakat untuk bisa mendatangi kantor Bank NTT terdekat guna mendapat informasi lebih detail terkait pinjaman tersebut. Tentu dalam pelaksanaanya nanti, dalam pebiayaan juga disesuaikan dengan RAB yang diajukan. Terkait syarat yang dibutuhkan dalam skim kredit merdeka, yakni kartu keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP). (*)

Penulis: Fansi Runggat

  • Bagikan