Tingkatkan Kesadaran Kamtibmas dan Motivasi Belajar Siswa

  • Bagikan
Tingkatkan Kesadaran Kamtibmas dan Motivasi Belajar Siswa
CINDERAMATA. Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma beri cinderamata kepada Kepsek SMAN 3 Kupang Ishak Daniel Elias Balbesi saat Safari Kamtibmas di SMAN 3 Kupang, Rabu (2/8). (FOTO: HUMAS POLDA NTT).

Kapolda NTT Safari Kamtibmas di SMAN 3 Kupang//

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol Johni Asadoma melakukan Safari Kamtibmas di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Kupang, Rabu (2/8).

Kunjungan orang nomor satu di jajaran Polda NTT bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kamtibmas dan memotivasi para pelajar dalam mengejar cita-cita dan masa depan yang gemilang.

Kedatangan Kapolda dan rombongan disambut Kepala Sekolah (Kepsek) Ishak Daniel Elias Balbesi dan Ariyanto S. Helianak serta para guru bersama para siswa.

Dalam kegiatan itu, Kapolda NTT didampingi oleh para pejabat utama (PJU) yakni Karo SDM Polda NTT, Kabid Humas Polda NTT, Kapolresta Kupang Kota, dan Kakoorspripim Polda NTT serta Kapolsek Oebobo.

Pada momen ini, Kapolda NTT memberikan himbauan kamtibmas kepada para pelajar untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan kondusif.

Jenderal Bintang Dua itu menjelaskan tiga tugas penting Polisi, yaitu memelihara kamtibmas, menegakkan hukum, serta melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Mantan Kadivhubinter Polri ini juga memberikan nasihat kepada para pelajar tentang pentingnya bekerja keras dan belajar untuk mencapai cita-cita serta menjadi kader penerus bangsa.

Perwira tinggi polri ini menekankan agar siswa-siswi menghindari perilaku negatif seperti konsumsi miras dan narkotika, serta bijaksana dalam menggunakan media sosial untuk menghindari penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian.

Ia juga menyampaikan pentingnya peran aktif seluruh elemen masyarakat, termasuk para pelajar dalam menciptakan lingkungan yang aman dan damai. "Perlu digaris bawahi bahwa sekolah merupakan salah satu lingkungan yang strategis dalam membentuk karakter dan mental generasi muda, sehingga peran sekolah dalam mendukung program Kamtibmas sangatlah vital," ujarnya.

Tingkatkan Kesadaran Kamtibmas dan Motivasi Belajar Siswa
POSE BERSAMA. Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma dan Kepsek SMAN 3 Kupang Ishak Daniel Elias Balbesi pose bersama guru dan siswa usai Safari Kamtibmas di SMAN 3 Kupang, Rabu (2/8). (FOTO: HUMAS POLDA NTT).

Irjen Johni mengajak para siswa dan siswi untuk lebih peka terhadap potensi-potensi ancaman keamanan yang ada di sekitar mereka, seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran pelajar, dan penyebaran konten negatif di media sosial. 

Ditegaskan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kerukunan antarwarga, menghormati perbedaan, serta menolak segala bentuk tindakan intoleransi dan radikalisme.

"Generasi muda adalah penerus bangsa, dan tugas kita bersama adalah memberikan bekal dan perlindungan bagi mereka agar tumbuh menjadi generasi yang kuat, cerdas, dan bertanggung jawab. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa kita dengan baik," ungkapnya.

Dikatakan, dalam membentuk masa depan yang cerah dan membangun karakter yang tangguh. Melalui pendidikan, diharapkan agar siswa dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berkompeten dan memiliki integritas tinggi.

Selain itu, Kapolda juga memotivasi siswa-siswi untuk selalu belajar bahasa Inggris. Karena bahasa inggris sangat penting di era globalisasi dan akan membuka banyak kesempatan untuk berkarir di masa depan.

Dalam kesempatan tersebut, siswa-siswi yang berpidato dalam bahasa Inggris mendapatkan hadiah berupa HP dari Kapolda NTT. Hadiah tersebut diharapkan dapat menjadi insentif positif bagi para pelajar dalam belajar lebih giat lagi.

Kepsek SMAN 3 Kupang Ishak Daniel Elias Balbesi mengaku kunjungan petinggi Polri tersebut memberikan inspirasi dan semangat baru bagi para pelajar di SMA Negeri 3 Kupang untuk meraih masa depan yang gemilang dan menjadi generasi penerus bangsa yang sukses dan berprestasi.

"Semoga pesan-pesan kamtibmas dan motivasi yang disampaikan Kapolda NTT dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman dan harmonis di sekolah dan masyarakat," katanya. (r3)

  • Bagikan