Perumda Tirta Komodo Benahi Pipa Transmisi Wae Decer

  • Bagikan
Seorang petugas Perumda Air Tirta Komodo, saat memperbaik pipa transmisi Wae Decer yang bocor. (FOTO: ISTIMEWA)

RUTENG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Guna menjaga kepuasan pelanggan, Perusahan Umum Daerah (Perumda) Tirta Air Komodo Ruteng, Kabupaten Manggarai, terus membenahi dan memperbaiki jaringan pipa transmisi dari sumber air Wae Decer, Kelurahan Carep, Kecamatan Langke Rembong, yang mengalami kerusakan di sejumlah titik. Pipa pasokan air baku yang mengalami kerusakan tersebut melayani pelanggan di IKK Wae Ri'i, daeraeh Kenda, Watu Alo, dan sekitarnya.

Selain perbaikan pipa yang bocor, petugas Perumda yang tergabung dalam tim terpadu melakukan pemindahan lokasi jaringan pipa dari lahan kebun warga ke lokasi saluran irigasi persawahan Wae Decer. Tujuanya, biar fasilitas publik itu tidak terganggu.

"Sejak 1 Agustus 2023, kita fokus benahi pipa transmisi menuju ke sejumlah wilayah pelayanan di Kecamatan Wae Ri'i. Sejumlah titik yang bocor kami lakukan perbaikan. Sekarang tinggal pindahkan jaringan pipa yang ada, dari lokasi kebun milik warga ke lokasi sekitar saluran irigasi," ujar petugas Perumda Air Tirta Komodo kepada media ini di lokasi, Jumat (18/8).

Menurutnya, pada jalur lama sering terjadi pipa bocor akibat adanya aktifitas warga di lahan kebun. Akibatnya sering terjadi kehilangan air atau air macet mengalir ke sejumlah titik pelanggan. Pipa transmisi yang dibenahi itu merupakan salah satu jaringan yang berfungsi membawa air baku dari sumber ke lokasi pengolahan atau dari bangunan pengumpul ke titik awal distribusi air. 

Dengan adanya pemindahan jalur itu, aktivitas masyarakat petani tidak mengalami kendala karena keberadaan pipa air yang melintasi pada lahan mereka. Hal lain juga, mengantisipasi kebocoran pipa di kemudian hari, sehingga pelayanan ke titik pelanggan tetap aman. Mengingat, kebutuhan air bersih bersumber Wae Decer dapat mengakomodir sekira 1000 masyarakat pelanggan. 

"Kegiatan ini bagian dari mengatasi hajat hidup masyarakat akan air bersih. Dalam pelaksanaan, Perumda membentuk tim terpadu penanganan masalah jaringan air bersih, yang melibatkan wilayah unit Kenda, Watu Alo dan IKK Wae Ri’i. Sejauh ini masih dalam tahap pengerjaan, dan targetnya hingga beberapa pekan kedepannya,” ungkapnya. 

Sang petugas menyatakan, pekerjaan perbaikan pipa transmisi itu panjangnya lebih kurang tiga kilometer (Km). Sehingga terhadap hal itu, pihaknya berharap kepada masyarakat agar bersabar, dan bisa memahami situasi terjadi.

Masyarakat sebagai pelanggan bisa menunggu proses pengerjaannya selesai, sehingga kelak distribusi air kembali normal dan lancar. Sebab pada dasarnya Perumda Tirta Komodo, berkomitmen terhadap layanan kepada masyarakat.

“Kami telah sampaikan ke masyarakat, apabila air mengalami kemacetan, hal itu karena pihak Perumda Tirta Komodo Ruteng sedang melakukan pembenahan dan perbaikan pipa transmisi. Sehingga kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini. Semua yang kami lakukan untuk mengatasi ketersedian air minum bagi masyarakat pelanggan,” katanya.

Sembari pihaknya berharap kepada masyarakat pelanggan air minum bersih, untuk bersama selalu menjaga dan memelihara sarana pipa air bersih yang sudah diperbaiki oleh petugas. Tentu kerja sama dan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga saluran pipa air minum bersih. Sebab, faslitas yang ada, merupakan sarana utama untuk mengalirkan air ke rumah sebagai sumber kehidupan bersama. (*)

Penulis: Fansi Runggat

  • Bagikan