PLN Gunakan Dana CSR Bantu Ekonomi Rakyat

  • Bagikan
IST. BERI ARAHAN. Senior Oficer PLN, I Putu Pratamayasa, memberikan menteri sosialisasi Program CSR PLN dengan masyarakat Desa Wewo, Jumat (1/12).

RUTENG,TIMEX.FAJARCO.ID- Pihak PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), melakukan sosialiasi program peningkatan ekonomi bagi warga Desa Weo, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai, Jumat (1/12). Sebanyak enam program yang ditawarkan untuk diintervensi 2024 hingga 2028 mendatang.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Desa Wewo, dihadiri Sekretaris Camat Satar Mese, Mikhael Ojang, Kepala Desa Wewo, Lorens Langgut, Ketua BPD, Marselus Mapur, TNI dan Polri, dan puluhan warga perwakilan masing-masing Dusun. Sementara dari pihak PLN dihadiri dan I Putu Pratamayasa, Gredi.

"Hari ini kita lakukan sosialisasi usulan program peningkatan ekonomi untuk warga masyarakat desa Wewo. Jadi untuk kegiatan fisik, seperti rehab rumah adat (Mbaru Gendang) di Wewo ini, nanti ada sesi tersendiri," kata Senior Oficer PLN, I Putu Pratamayasa, dalam kegiatan itu.

Dia menjelaskan, program peningkatan ekonomi itu rencananya akan dibiayai oleh PT PLN, melalui program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR). Dimana Desa Wewo salah satu wilayah yang direncanakan untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu berkapasitas 2×20 Megawatt (MW).

I Putu menyampaikan, program CSR PLN itu, untuk enam program peningkatan ekonomi masyarakat yang dibiayai CSR, yakni holtikultura, alat pertanian, pelatihan pariwisata, peternakan babi dan pengembangan, UMKM Koperasi, serta pendampingan masyarakat. Dalam sosialiasi ini, masyarakat sendiri yang mengusulkan mana saja yang diprioritaskan tahun 2024 hingga 2028.

"Hari ini seperti kegiatan musrenbang. Jadi nanti masyarakat buat usulan ke PLN, kira-kira dari 6 program yang ada, mana yang akan jadi prioritas tahun 2024 sesuai kebutuhan warga sendiri. CSR PLN itu sifatnya berkelanjutan, tidak hanya 2024, tapi programnya sampai 2028, sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat," Kata I Putu.

Dia mengatakan, usulan yang terbilang masuk dalam tahap perencanaan, akan ditindaklanjuti, yang pasti semua usulan itu akan disampaikan ke manajemen di pusat untuk bisa diperhatikan, hasilnya nanti juga disampaikan ke masyarakat. Terkait besarnya anggaran, belum bisa disampaikan namun anggaran CSR, akan menyesuaikan kebutuhan di lapangan.

Sementara Kades Wewo, Lorens Langgut, yang ditemui media ini di sela-sela kegiatan sosialiasi mengatakan, masyarakat di desa itu mendukung program pemerintah melalui PLN untuk pengembang PLTP di wilayah desanya. Masyarakat juga sangat menyambut dengan antusias program pengembangan peningkatan ekonomi dari CSR PLN.

"Kami disini, tidak mempermasalahkan dengam proyek Geothermal. Masyarakat juga merasa senang dengan program CSR dari PLN, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat disini. Kegiatan sosialisasi PLN dan warga disini, terhitung sudah 2 kali kami terus mendukung program PLN di desa Wewo," katanya, (kr1/thi)

  • Bagikan