Pastikan Hak Karyawan Mendapat THR Dipenuhi

  • Bagikan
FENTI ANIN/TIMEX SIDAK. Penjabat Wali Kota Kupang Fahrensy Funay dan jajarannya melakukan Sidak di Flobamora Ramayana Mall, Kamis (21/12).

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID-Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di beberapa perusahaan di Kota Kupang, untuk mengecek realisasi pembayaran Tunjangan Hari Raya(THR) bagi karyawan.

Pemerintah ingin memastikan bahwa hak karyawan atau pekerja itu dipenuhi oleh pemberi kerja.

Sidak dilakukan Lippo Plaza Kupang, tepatnya di Informa, MR. DIY, Hypermart dan Matahari. Rombongan melanjutkan sidak di Flobamora Mall Ramayana, dan beberapa lokasi lainnya, Kamis (21/12).

Sidak dipimpin langsung Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay, didampingi Asisten II Setda Kota Kupang, Ignasius Lega dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Kupang, Thomas Dagang dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Kupang, Raymundus Soka.

Fahrensy Funay menjelaskan, beberapa lokasi yang dikunjungi, semua karyawan mengaku sudah menerima THR pada pertengahan Desember lalu.

"Tentu Pemkot Kupang juga akan tindak lanjut dengan surat ke semua perusahaan, agar bisa membayar apa yang menjadi hak karyawan," ungkapnya.

Jika tidak diindahkan, maka tentunya akan ada sanksi yang diberikan pemerintah kepada perusahaan atau pemberi kerja, sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku.

Ia menyebut kegiatan itu sekaligus untuk memantau ketersediaan stok pangan di ritel-ritel modern jelang hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Ketersediaan stok pangan saat ini sangat mencukupi untuk masyarakat Kota Kupang,” pintanya.

Sementara itu, Store Manager Hypermart Kupang, Genesa Widodo, mengatakan, untuk pembayaran THR bagi karyawan sudah dilakukan saat perayaan hari raya Idul Fitri kemarin.

"Dan kebanyakan memang semua perusahaan seperti itu, dibayarkan pada hari raya Idul Fitri untuk semua karyawan baik muslim maupun non muslim yang dibayarkan besarnya satu kali gaji bagi karyawan yang sudah bekerja lebih dari satu tahun," jelasnya.

Dia mengatakan, untuk jumlah pekerja berjumlah 102 karyawan yang tersebar di dua lokasi yakni di Hypermart Lippo Plaza Kupang 50 orang dan Hypermart di Jalan Frans Seda sebanyak 52 orang. (thi/r3)

  • Bagikan