PLN NTT Gelar Apel Siaga Nataru, Kerahkan 1.170 Personil

  • Bagikan
PLN UIW NTT FOR TIMEX APEL. PLN menerapkan masa siaga Nataru dari tanggal 18 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024.

Amankan Pasokan Listrik

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID-- Menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur memastikan keandalan pasokan listrik secara menyeluruh.

PLN menerapkan masa siaga Nataru dari tanggal 18 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024. Apel siaga Nataru diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana di wilayah kerja PLN UIW NTT.

General manager PLN UIW NTT I Gede Agung Sindu Putra mengatakan, sebanyak 11 Unit Pelaksana dan 18 Unit Layanan Pelanggan terlibat dalam kesiapan siaga Nataru 2023, dengan menyiagakan 1.170 petugas yang tersebar di 21 posko Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"PLN telah memajukan pemeliharaan infrastruktur kelistrikan sebelum masa siaga Nataru. Dipastikan saat perayaan Natal dan Tahun Baru tidak ada pemeliharaan, sehingga pasokan listrik akan terus andal," ungkap Sindu.

Sistem kelistrikan dalam kondisi prima untuk menyambut Nataru. Sebelumnya juga telah dilakukan upaya preventif dari hulu hingga hilir, mulai dari kesiapan pembangkit, keandalan pembangkit hingga jaringan transmisi dan distribusi agar pasokan listrik terus andal.

"Kecukupan daya PLN UIW NTT dengan daya mampu 275,68 MW, beban puncak tertinggi 199,38 MW dan cadangan daya 48,5 MW. Adapun peralatan pendukung 79 unit genset dan kendaraan pendukung 257 unit," tambah Sindu.

PLN telah melakukan berbagai assessment, inspeksi, monitoring, hingga simulasi untuk memastikan kesiapan keandalan listrik dari hulu ke hilir. kami juga selalu berkoordinasi dengan stakeholders untuk mengamankan pasokan listrik di titik-titik prioritas selama perayaan Natal dan Tahun Baru, seperti tempat ibadah, pusat kesehatan, hingga pusat keramaian.

Momen perayaan Natal dan Tahun Baru banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga. Di beberapa wilayah bahkan menyiapkan tradisi perayaan bersama. Maka dari itu, PLN melakukan berbagai persiapan untuk memastikan masyarakat dapat menikmati layanan listrik yang andal.

Sekarang komunikasi PLN dengan pelanggan sudah sangat dekat, jika pelanggan memerlukan informasi terkait pelayanan PLN, pembelian token listrik dan laporan gangguan atau keluhan.

"Jika memerlukan pelayanan dari PLN, pembelian token listrik ataupun terjadi gangguan atau keluhan di rumah, pelanggan tinggal lapor melalui aplikasi PLN Mobile. Jadi pelanggan atau masyarakat tidak perlu datang ke Kantor PLN. Petugas PLN akan merespon dengan cepat dan dengan SOP (Standard Operating Procedure) yang ada," tutup Sindu. (thi)

  • Bagikan