PLN Lakukan Komisioning Tes Listrik Desa

  • Bagikan
PLN UIW NTT FOR TIMEX TES LISTRIK. PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur melalui PLN UP2K Flores telah melaksanakan komisioning tes jaringan Listrik di Desa Nggalak Kecamatan Reok Barat Kabupaten Manggarai (21/12).

Di Desa Nggalak Manggarai

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur melalui PLN UP2K Flores telah melaksanakan komisioning tes jaringan Listrik di Desa Nggalak Kecamatan Reok Barat Kabupaten Manggarai (21/12).

Komitmen PT PLN (Persero) UIW Nusa Tenggara Timur untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi (RE) dan Rasio Desa Berlistrik (RDB) di Pulau Flores masih terus berlanjut.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur, I Gede Agung Sindu Putra menyampaikan semangat pembangunan terus berlanjut untuk bisa menghadirkan listrik di Desa-Desa yang ada di NTT.

"Kami terus berkordinasikan dan bekerjasama dengan seluruh stakeholder, Pemerintah Daerah dan Masyarakat untuk mensukseskan pembangunan jaringan listrik desa ataupun dusun yang sedang ataupun yang akan kita kerjakan, sehingga pembangunan dapat berjalan lancar dan tepat waktu," ujarnya.

"Kami juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai, Pemerintah Desa Nggalak, stakeholder yang terlibat dan Masyarakat Desa Nggalak yang sudah membantu mensukseskan tahap-tahap pembangunan jaringan listrik desa ini," tambah Sindu.

Sampai dengan November 2023, PLN NTT telah berhasil membangun dan mengoperasikan 162 jaringan listrik dusun dan 86 jaringan listrik Desa. Secara data Rasio Desa Berlistrik di NTT mencapai 94,36% dan Rasio Elektrifikasi mencapai 94,89% secara total.

Pada kegiatan komisioning di Desa Nggalak yang juga dihadiri Camat Reok Barat dan disaksikan oleh warga masyarakat, mereka terlihat berbahagia akan hadirnya listrik di Desa mereka.

Camat Reok Barat Tarsisius Asong mengapresiasi keberhasilan PLN UP2K Flores dalam upaya membangun jaringan listrik di Desa Nggalak.

Camat Reok Barat, Tarsi, menyatakan engan penuh rasa syukur dan bangga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN atas pelaksanaan komisioning tes jaringan listrik pedesaan yang telah dilakukan di Desa Nggalak.

Menurutnya, kehadiran listrik di desa-desa merupakan impian yang lama dinantikan oleh masyarakat. Sebagai camat, dia menyadari betapa pentingnya akses listrik yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan menggerakkan pembangunan di wilayah ini.

"Oleh karena itu, komisioning tes yang dilakukan oleh PLN UP2K Flores di Desa Nggalak adalah langkah yang sangat berarti bagi kami. Dengan hadirnya listrik di Desa Nggalak, kami yakin bahwa ini akan membawa banyak manfaat dan perubahan positif bagi masyarakat. Dalam hal ini, saya mengimbau agar seluruh warga dapat menjaga infrastruktur listrik dengan baik, serta menggunakan listrik secara bijak," kata dia.

Dia berharap kerjasama yang baik ini dapat berlanjut dan semakin mempererat hubungan antara PLN UP2K Flores, pemerintah daerah dan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan kemajuan yang lebih baik di wilayah Reok Barat.

Salah satu warga Desa Nggalak Bapak Martinus Jemahun juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN atas masuknya listrik di Desanya.

“Saya mewakili warga Desa Nggalak penuh sukacita atas kehadiran listrik yang kini bisa terangi Desa kami. Terima kasih sebesar-besarnya kepada PLN yang telah mengantarkan cahaya listrik ke rumah-rumah kami. Sebelumnya, kehidupan kami terbatas oleh kegelapan malam," ujarnya.

Dengan listrik, kata dia, anak-anak sekolah dapat belajar dengan lebih baik di malam hari, meningkatkan potensi mereka untuk meraih masa depan yang lebih cerah. Lampu-lampu yang menyala di setiap sudut Desa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh warga.

"Ini adalah hal luar biasa yang membuat kami merasa terhubung dengan dunia luar. Dukungan kami tak terbatas untuk PLN dalam menjadikan Indonesia terang. Ini bukan hanya cahaya listrik, tapi cahaya harapan bagi masa depan Desa Nggalak," tutupnya.

Pada peningkatan pencapaian ESG (Environmental, social, and corporate governance) atau lebih dikenal dengan Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola. PLN telah memiliki aplikasi terbaik untuk pelayanan kepada masyarakat.

PLN Mobile dapat diunduh di Playstore atau Google Play untuk memudahkan masyarakat dalam permohonan pelayanan kelistrikan, pembelian token listrik dan laporan jika terjadi gangguan atau keluhan. Sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga, karena tidak harus selalu datang ke Kantor PLN. (thi)

  • Bagikan