Jaring Maba dengan Membina SMA/SMK

  • Bagikan
INTHO HERISON TIHU/TIMEX. BERI KETERANGAN. Dekan FPIK UKAW Kupang, Wilson Lodewyk Tisera, S.Pi.,M.Si.,PhD ketika memberikan keterangan diruang kerjanya belum lama ini.

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID-Jurusan perikanan merupakan salah satu jurusan yang sangat menjanjikan di wilayah Nusa Tenggara Timur sebab kekayaan laut NTT belum dikelola dan dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat secara baik.

Meski demikian, pemahaman masyarakat tentang penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang perikanan masih sangat minim. Bahkan masyarakat lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan pada jurusan-jurusan tidak ada lapangan kerjanya. Akibatnya, output lulusan perguruan tinggi lebih banyak menganggur.

Untuk menarik peminat masyarakat di bidang ilmu perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPIK) Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang melakukan terobosan baru dengan bekerjasama dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kerja sama tersebut dilakukan dengan memberikan pendampingan kepada sekolah dan siswa sehingga mereka sudah memahami ilmu perikanan sejak awal.

Dengan memahami ilmu perikanan sejak awal, maka timbul ketertarikan serta berminat mempelajari ilmu pengetahuan di perguruan tinggi dan selanjutnya bisa mengembangkan potensi perikanan di lingkungannya tanpa harus menunggu seleksi PNS.

Dekan FPIK UKAW Kupang, Wilson Lodewyk Tisera, S.Pi.,M.Si., PhD mengaku strategi ini telah dilakukan sebelumnya. Sejumlah sekolah sudah terljalin kerjasama namun di tahun baru ini, lebih gencar dilakukan dengan menambah jumlah sekolah sebagai bentuk pengembangan pendidikan di FPIK.

Disadari bahwa beberapa tahun terakhir ini, animo masyarakat untuk mengikuti pendidikan atau kuliah di FPIK mengalami penurunan. Ia meyakini sebagai tantangan yang harus dihadapi.

"Nah ini yang akan kami tingkatkan dengan melaksanakan kegiatan sekolah binaan. Kami akan turun ke setiap sekolah-sekolah SMA/SMK untuk membina agar menarik mahasiswa," ungkapnya.

“Program sekolah binaan ini sudah berlangsung di beberapa sekolah SMK yakni di Timor, Sumba dan Sabu,” tambahnya.

Dijelaskan, hal ini bertujuan agar kedepannya FPIK mendapatkan calon mahasiswa/mahasiswi baru yang berkualitas dan berkompeten di UKAW Kupang.

"Ini yang kami bermitra. Tujuannya agar dapat mahasiswa nantinya. Kami Fakultas Perikanan tengah mempersiapkan akreditasi dari B menjadi Baik Sekali serta persiapan pembukaan program pasca sarjana (S2),"ungkapnya. (cr6/thi)

  • Bagikan